Gedung Putih Bantah Terlibat Dalam Serangan Drone Terhadap Kremlin

Kediaman Putin di Kremlin Diserang Drone.
Sumber :
  • Dok.BBC

VIVA Dunia – Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby, pada Kamis 5 Mei 2023, mengatakan bahwa tuduhan Rusia yang menyebut AS berada di balik serangan pesawat nirawak (drone) terhadap Kremlin adalah tidak benar.

"Saya dapat memastikan bahwa tidak ada keterlibatan AS dalam insiden ini. Apa pun yang terjadi tidak melibatkan kami," kata Kirby kepada MSNBC dalam sebuah wawancara.

"Kami tidak ada hubungannya dengan ini," katanya, menambahkan.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

VIVA Militer: Jet tempur militer Rusia terbang di atas Kremlin

Photo :
  • insider.com

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Dia menambahkan bahwa AS juga tidak mendorong
AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza
Ukraina untuk menyerang di luar wilayahnya. Namun, Kirby mengatakan bahwa belum jelas apa yang sebenarnya terjadi di Kremlin.

"Kami masih belum tahu apa yang terjadi, dan Washington masih melakukan analisis terhadap situasi ini," ujar dia.

Sebelumnya, Rusia pada Kamis menuding AS berada di balik penyerangan terhadap Moskow dengan tujuan untuk membunuh Presiden Rusia Vladimir Putin. Tuduhan tersebut disampaikan sehari setelah Moskow menuduh Ukraina atas kejadian yang disebut sebagai serangan teroris itu.

Juru bicara Kremin Dmitry Peskov mengatakan bahwa AS sudah pasti berada di balik dugaan serangan itu karena Washington kerap memilih target-target yang kemungkinan bakal diserang Ukraina.

"Kami tahu betul bahwa keputusan tentang tindakan semacam itu, tentang serangan teroris semacam itu, dibuat bukan di Kiev, tetapi di Washington," kata Peskov. (Ant/Antara)
Mobil listrik Tesla

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Banyak investor merasa kecewa dengan perusahaan kendaraan asal Amerika Serikat, Tesla, karena tidak fokus untuk menghadirkan mobil listrik harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024