Menlu: 955 WNI Berhasil Dievakuasi dari Sudan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut 385 WNI yang dievakuasi pulang dampak perang saudara di Sudan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 28 April 2023.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Dunia – Sebanyak 955 warga negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari Sudan hingga Jumat 5 Mei 2023, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta pada Jumat, Retno mengatakan 934 WNI telah dipulangkan ke Indonesia dan 21 lainnya telah dievakuasi ke lokasi aman di luar Sudan.

Dari 955 WNI tersebut, 931 di antaranya dievakuasi lewat Jeddah, 15 melalui Mesir, enam melalui Uni Emirat Arab (UEA) dan tiga orang melalui Ethiopia.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Kedatangan 385 WNI dari Sudan

Photo :
  • Istimewa

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

Dari 934 WNI yang telah dipulangkan, 11 di antaranya kembali ke Indonesia secara mandiri dan 923 lainnya telah difasilitasi kepulangannya pada 27 April (385 orang), 29 April (363), 30 April (75), dan pada 1 Mei (100). Ke-21 WNI yang telah dievakuasi ke luar Sudan terdiri dari dua orang di Jeddah, 10 di Mesir, enam di UEA, dan 3 di Ethiopia.
BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter


Menurut Retno, masih ada 64 WNI yang berada di Sudan, 13 di antaranya staf Kedutaan Besar RI di Khartoum, ibu kota Sudan. Sebagian besar dari mereka memilih untuk tetap tinggal karena alasan keluarga.

"Ada satu yang masih dirawat di rumah sakit di Port Sudan, dan kita terus memantau, mendampingi kondisi beliau selama perawatan di Kota Port Sudan," kata dia.

Ia mengatakan operasi evakuasi dilakukan secara senyap untuk memastikan keselamatan dan keamanan WNI di tengah situasi yang dapat mengancam keselamatan mereka.

"Karena semua menyangkut masalah 'safety and security' dari WNI yang akan kita evakuasi karena situasi setempat selalu sangat dinamis, sangat cair, dan dapat mengancam keselamatan para WNI," kata Retno. (Ant/Antara)
Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus di OKU Timur Sumsel

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), mengimbau masyarakat meningkatkan disiplin berlalu lintas, menyusul insiden kecelakaan lalu lintas antara KA Rajabasa dengan bus.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024