Resmi Dinobatkan Jadi Penguasa Inggris, Segini Kekayaan Raja Charles III

Raja Charles III dan permaisuri Camilla resmi diberi Mahkota Raja dan Permaisuri
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Dunia – Raja Charles III resmi dimahkotai sebagai Raja Inggris dan istrinya Camilla sebagai permaisuri pada hari Sabtu, 6 Mei 2023, di Westminster Abbey, Inggris. 

Prabowo: Negara Kita Selalu Diganggu Negara Lain

Ia menerima Mahkota St. Edward yang berhiaskan berlian dalam sebuah upacara yang dibangun di atas tradisi kuno monarki yang berjuang untuk tetap eksis di era Inggris modern yang mulai tergerus. 

Kekayaan bersih Raja Charles telah melonjak menjadi sekitar $ 2,3 miliar, menurut The Guardian, yang mengatakan pihaknya bekerja dengan 12 ahli untuk melakukan "audit komprehensif" pertama atas aset raja, yang berasal dari perkebunan, pedesaan hingga mobil balap dan perhiasan.

5 Artis Film Porno dengan Bayaran Termahal di Dunia, Hartanya Capai Triliunan Rupiah

Namun di antara asetnya yang paling berharga adalah sesuatu yang tidak berwujud, yakni pembebasan untuk Charles dari pajak warisan Inggris, yang jika tidak, akan mengambil 40 persen dari aset warisannya dari Ratu Elizabeth II bernilai $500 juta ketika dia meninggal tahun lalu.

Penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, Sabtu, 6 Mei 2023.

Photo :
  • Jonathan Brady/Pool Photo via AP
Pangeran Harry Tolak Tawaran Raja Charles Ikut Peringatan Kematian Ratu Elizabeth

Sebagian besar asey dari kepemilikannya atas Balmoral Castle di Skotlandia dan Sandringham House di Inggris, serta seni, perhiasan, investasi, dan real estat, Forbes memperkirakan tahun lalu.

Tidak semua orang mematok kekayaan Charles dengan penilaian setinggi langit yang sama dengan The Guardian. Sunday Times Inggris memperkirakan kekayaan bersihnya sekitar $750 juta. 

Bagian dari tantangan dalam menilai kekayaan raja adalah bahwa banyak dari kepemilikan keuangannya tidak diungkapkan kepada publik, sementara aset lain yang tampaknya dimiliki oleh monarki sebenarnya adalah milik Inggris, catat The Guardian.
 
Berikut adalah sejumlah aset yang menjadi kekayaan Raja Charles:

1. Kadipaten Lancaster: $820 juta

Kastil Lancaster di Inggris

Photo :
  • visitlancaster.org.uk

Kadipaten tersebut terdiri dari tanah pribadi yang dimiliki oleh raja yang membentang sekitar 45.000 hektar di seluruh Inggris dan Wales, mulai dari kastil seperti Kastil Lancaster hingga properti komersial di kawasan Savoy London.

Lahan perkebunan itu memberi Ratu Elizabeth keuntungan hampir $140 juta dalam lima tahun sebelum kematiannya, catat Guardian. Aset dari kelompok properti yang luas itu diperkirakan bernilai sekitar $820 juta.

2. Perhiasan pribadi: $670 juta

Ratu Elizabeth II.

Photo :
  • Nick Verreos

Berlian potongan pir 94,4 karat yang ditampilkan di mahkota yang dikenakan oleh Camilla, Permaisuri Ratu, dalam penobatan - hanya mewakili salah satu permata milik pribadi Ratu Elizabeth yang sekarang menjadi milik Charles, menurut The Guardian.

Sebanyak 54 perhiasan milik pribadi bernilai sekitar $670 juta, perkiraan Guardian. Berlian yang akan ada di mahkota Camilla adalah salah satu dari dua permata yang disebut "Bintang Kecil Afrika", yang keduanya biasanya berbentuk bros yang diperkirakan The Guardian bernilai lebih dari $226 juta.

Permata Mahkota — banyak di antaranya akan ditampilkan selama penobatan — dimiliki oleh negara dan bukan bagian dari kekayaan Charles.

3. Balmoral dan Sandringham: $415 juta

Kastil Balmoral Inggris milik keluarga Kerajaan

Photo :
  • AP Photo/Martin Cleaver

Charles mewarisi Balmoral, perkebunan Skotlandia tempat Ratu Elizabeth meninggal tahun lalu, dan Sandringham, perkebunan di Norfolk, dari ibunya.

Balmoral, dengan 53.000 acre tanah, bernilai $100 juta, sedangkan Sandringham, yang mencakup lahan pertanian dan properti sewaan, bernilai $315 juta.

Istana monarki kerajaan lainnya, seperti Istana Buckingham dan Istana Kensington, sebenarnya bukan milik raja, tetapi dimiliki oleh negara.

4. Kuda balap, koleksi prangko, dan karya seni: $190 juta

Ratu Elizabeth memiliki sekitar 70 ras murni, yang dihargai oleh The Guardian sebesar $34 juta.

Raja juga memiliki koleksi perangko, yang disebut Royal Philatelic Collection, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia, kata surat kabar itu. Ini termasuk prangko langka dari Laos, Kanada, dan negara lain, senilai $125 juta.

Termasuk karya seni berasal dari seniman termasuk Monet, Chagall dan Dalí yang ditaksir bernilai $30 juta.

5. Investasi: $180 juta

Raja Charles juga kemungkinan besar memiliki kekayaan yang signifikan dalam saham dan investasi lainnya, menurut The Guardian. 

Diperkirakan kepemilikan tersebut mencapai $180 juta, berdasarkan penelitian tahun 1993 tentang saham keluarga kerajaan di 100 perusahaan FTSE. Jika raja terus memegang investasi itu, mereka akan bernilai $150 juta hari ini, kata surat kabar itu.

Dengan asumsi bahwa pendapatan pribadi mahkota telah disimpan di pasar saham selama bertahun-tahun, kemungkinan raja memiliki setidaknya $180 juta dalam bentuk saham dan investasi lainnya, catatnya.

6. Rolls-Royce, Bentley, dan mobil lainnya: $8 juta

Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II

Photo :
  • Paultan

The Guardian mengatakan telah mengidentifikasi 23 mobil di Royal Mews di Istana Buckingham dan Sandringham, meskipun tidak semuanya milik pribadi Charles.

Di antara mobil pribadi adalah Rolls-Royce Phantom IV tahun 1950, salah satu dari hanya 18 unit yang dibuat oleh pabrikan, dan dibeli oleh Ratu Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip sebelum dia dimahkotai. Mobil itu bernilai sekitar $3 juta, menurut perkiraan Guardian. Itu juga memperkirakan nilai mobil pribadi raja mencapai $ 8 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya