Dianggap Ancaman Bagi G20, Pria Itu Ditangkap

Suasana pengamanan KTT G20
Sumber :
  • Uni Lubis

VIVAnews - Menjelang konferensi G20 di Toronto pada 26-27 Juni pekan ini, aparat keamanan setempat meningkatkan pengamanan di ibukota Kanada tersebut.

Seorang pria mencurigakan ditangkap dan dikenai dakwaan kepemilikan bahan peledak, Rabu, 23 Juni 2010.

Kepolisian mengatakan, pemilik bahan peledak tersebut, Byron Sonne, 37 tahun, ditangkap dalam penyerbuan di sebuah rumah di tengah kota Toronto, Selasa lalu. Sebanyak 50 petugas kepolisian dikerahkan untuk menangkap Sonne.

"Penyelidikan hingga penangkapan pelaku merupakan upaya untukĀ  memastikan Konferensi G20 berlangsung aman," kata kepolisian seperti dikutip dari laman BBC.

Polisi belum menyatakannya sebagai teroris. Namun, Sonne dikenai dakwaan intimidasi, ancaman terhadap sistem peradilan, kepemilikan senjata berbahaya dan kejahatan.

Sonne adalah pakar keamanan komputer. Para tetangganya mengklaim polisi telah melakukan pengawasan di lingkungan itu sejak Jumat lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Unit Keamanan Kanada (ISU), penanggung jawab keamanan konferensi G20 mengatakan bahwa tidak ada ancaman terhadap keselamatan publik. ISU menolak menjelaskan penangkapan tersebut lebih jauh.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024