China Usir Konjen Kanada di Shanghai Sebagai Balasan

Bendera China.
Sumber :

VIVA Dunia – Otoritas China mengusir Konsul Jenderal Kanada di Shanghai Jennifer Lynn Lalonde sebagai tindakan balasan atas pengusiran diplomat China Zhao Wei dari Toronto.

Sebagai bentuk tindakan timbal-balik atas sikap tak bermoral Kanada, China memutuskan untuk menyatakan Jennifer Lynn Lalonde sebagai persona non grata, demikian Kementerian Luar Negeri China di Beijing, Selasa 9 Mei 2023. Otoritas China memerintahkan Lalonde segera meninggalkan China paling lambat 13 Mei 2023.

Otoritas Kanada, pada Senin (9/5), memutuskan seorang diplomat di Konsulat Jenderal China di Toronto sebagai persona non grata. "China sangat mengutuk dan menentang serta telah menyampaikan protes keras kepada Kanada," kata Kementerian Luar Negeri China.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly

Photo :
  • Politico

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Kedutaan
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat
Besar China di Kanada dalam statemen sebelumnya menyatakan tindakan Kanada sebagai pelanggaran berat  terhadap hukum dan norma hubungan internasional. Zhao diduga mengintervensi pemilu Kanada, melakukan kegiatan spionase dan mengintimidasi politisi Kanada Michael Chong, dan keluarganya di Hong Kong, seperti diberitakan Canadian Press.

Chong selama ini dikenal keras dalam mengutuk perlakuan Beijing terhadap etnis minoritas Muslim Uighur di Daerah Otonomi Xinjiang di wilayah barat daya China.

Kedutaan China menegaskan tidak pernah mengintervensi urusan dalam negeri negara lain, termasuk Kanada. Klaim intervensi China terhadap urusan domestik Kanada tidak berdasar, demikian Kedutaan China. (Ant/Antara)

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024