Hadir Pertama Kali Dalam KTT ASEAN, Timor-Leste Sampaikan Terima Kasih Untuk Indonesia

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak (tengah) tiba di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023).
Sumber :
  • ANTARA/HO-ASEAN 2023.

VIVA Dunia – Hadirnya Timor-Leste sebagai observer pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023, menjadi momentum bersejarah yang akan memberikan dampak positif pada sektor ekonomi maupun sosial. 

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Hal itu ditegaskan oleh Perdana Menteri Timor-Leste, Taur Matan Ruak saat menghadiri pembukaan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu, 10 Mei 2023. 

“Bergabungnya Timor-Leste, merupakan momentum bersejarah. Karena dapat memberikan dampak yang positif dalam berbagai sektor baik ekonomi maupun sosial. Dengan begitu, berbagai pembangunan yang telah dilakukan dapat terus dilakukan,” kata Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Bendera negara Anggota ASEAN dan Timor Leste di The Golo Mori Convention Cente

Photo :
  • ANTARA/Shofi Ayudiana

PM Timor-Leste juga berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap Timor-Leste. Sehingga, bisa bergabung menjadi anggota ASEAN, dan pertama kali hadir dalam perhelatan KTT ASEAN, serta menjadi observer ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

“Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo Presiden Indonesia Ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini," ujar PM Taur Matan Ruak. 

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan bagi negaranya untuk hadir pertama kalinya pada KTT ASEAN, serta merupakan bab baru dari sejarah Timor-Leste. 

Atas kesempatan tersebut, pemerintah Timor-Leste pun akan menaati dan melanjutkan Peta Jalan yang disepakati bersama-sama dengan anggota ASEAN lain.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat bergabung pada Timor-Leste sebagai bagian dari keluarga ASEAN yang baru saat membuka KTT ke-42 ASEAN 2023. 

Saat KTT ASEAN di Phnom Phen pada 2022, secara prinsipal telah menyepakati keanggotan bagi Timor-Leste, namun masih harus memenuhi sejumlah kewajiban sebelum menjadi anggota penuh. Timor-Leste akan tercatat sebagai negara ke-11 yang bergabung dengan keanggotaan ASEAN. 

“Pada Perdana Menteri Timor-Leste, Selamat bergabung di keluarga ASEAN,” pungkas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya