Mantan Perdana Menteri Pakistan Ditangkap, Pendukung dan Militer Bentrok

Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan
Sumber :
  • CNBC International

VIVA Dunia – Pasukan paramiliter Pakistan telah menangkap mantan Perdana Menteri, Imran Khan di dalam gedung pengadilan di ibukota Islamabad pada hari Selasa. Langkah tersebut telah meningkatkan ketegangan politik pada saat kesulitan ekonomi di negara tersebut.

Atta Halilintar Bocorkan Teka-teki Bayi Adopsi Raffi Ahmad, Berasal dari Palestina?

Menurut laporan Al Arabiya, dilansir Rabu, 10 Mei 2023, penangkapan Khan memicu penolakan yang jarang terjadi terhadap militer, institusi paling kuat di negara itu. Orang-orang, khususnya pendukung turun ke jalan dan melakukan protes

Khan, yang memimpin Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), salah satu partai politik terbesar di negara itu, berada di Pengadilan Tinggi Islamabad untuk menghadiri sidang permohonan jaminannya terkait kasus korupsi terhadapnya, yang menurutnya bermotivasi politik.

Elite PAN: Megawati Berhak Ajukan Amicus Curiae tapi Hakim yang Putuskan Diperlukan atau Tidak

Para pendukung mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan

Photo :
  • NPC

Penangkapan itu menyusul ketegangan baru-baru ini antara Khan, mantan kapten kriket nasional yang menjadi perdana menteri Pakistan pada 2018, dan pihak militer kuat negara itu.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Setelah selamat dari upaya pembunuhan November lalu, Khan menuduh seorang perwira militer senior dan perdana menteri Pakistan saat ini, Shehbaz Sharif, berada di balik upaya  pembunuhan tersebut.

Seorang juru bicara militer mengecam Khan minggu ini karena "tuduhan yang sangat tidak bertanggung jawab dan tidak berdasar terhadap seorang perwira militer senior tanpa bukti," yang dijawab Khan melalui pernyataan video Selasa: "Ini adalah tentara saya dan Pakistan saya. Aku tidak perlu berbohong.”

Juru bicara militer memperingatkan tindakan hukum jika Khan melanjutkan tuduhannya. Mengenai kemungkinan penangkapan, Khan berkata: “Jika seseorang memiliki surat perintah, mereka harus langsung menyerahkannya kepada saya. Bawa surat perintah, pengacara saya akan ada di sana. Saya siap untuk pergi ke penjara sendiri.”

PTI dan pendukung garis keras Khan menyerukan untuk menutup jalanan Pakistan, memblokir jalan, dan melakukan protes massal untuk menuntut pembebasannya.

Ini waktumu, orang-orang Pakistan. Khan selalu membela Anda, sekarang saatnya membela dia. #ReleaseImranKhan” kata salah satu tweet dari halaman resmi PTI, bersama dengan grafik bertuliskan “SHUTDOWN PAKISTAN.”

Khan yang berusia 70 tahun, yang tetap sangat populer di seluruh negara berpenduduk 230 juta jiwa itu, digulingkan dari kekuasaan pada April 2022 setelah mosi tidak percaya oleh anggota parlemen oposisi menuduh korupsi dan tindakan inkonstitusional. Tuduhan itu didukung oleh Mahkamah Agung negara itu.

Pada bulan Oktober, komisi pemilihan Pakistan mengeluarkan keputusan yang melarang Khan memegang jabatan lagi, memicu kemarahan di antara banyak pendukungnya yang mengklaim adanya permainan curang.

Mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan

Photo :
  • CNBC International

Khan adalah salah satu tokoh paling terkenal di Pakistan dan wilayah Asia Selatan yang lebih luas, yang dikenal karena memimpin tim kriket nasional Pakistan meraih kejayaan pada 1980-an dan 90-an. Dia kemudian beralih ke politik, mendirikan PTI pada tahun 1996.

Karier politik Khan ditandai dengan kekalahan hingga partainya, yang berjalan di platform populis, memenangkan kursi terbanyak di Majelis Nasional Pakistan pada 2018 dan dia memimpin koalisi pemerintahan sebagai perdana menteri.

Gedung Putih mengatakan mengetahui penangkapan Khan dan tidak memiliki posisi mengenai masalah tersebut dan mengajukan pertanyaan lebih lanjut kepada pemerintah Pakistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya