Banyak Tanda X Muncul di Jalanan Moskow, Ada Apa?

Tanda X di jalanan Moskow
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Pengguna media sosial dan banyak media telah melaporkan banyaknya tanda X berwarna merah, yang menurut mereka muncul secara misterius di beberapa jalan di Moskow dan banyak spekulasi muncul tentang apa arti dari tanda X tersebut. 

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Penandaan di jalan-jalan di ibukota Rusia memicu beberapa teori bahwa mereka dapat menjadi sasaran serangan drone atau rudal berhubungan dengan parade di Lapangan Merah yang menandai Hari Kemenangan, yang memperingati peran Soviet dalam kekalahan Nazi Jerman pada tahun 1945.

"Di Moskow, orang menjadi "gila" karena tanda palang merah yang muncul di sekitar kota," tulis jurnalis Ukraina, Andrey Tsaplienko di saluran Telegramnya pada hari Senin, menunjukkan bahwa palang tersebut mungkin merupakan upaya untuk menjebak orang Rusia. "Rupanya, mereka khawatir ini mungkin penanda serangan udara pada 9 Mei." lanjutnya, melansir Newsweek

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Tsaplienko hanyalah salah satu pengguna media sosial yang membagikan gambar tanda yang muncul di tengah kekhawatiran keamanan tentang peristiwa 9 Mei.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Laporan salib sebagian besar berasal dari wartawan Ukraina atau media sosial. Keberadaan salib belum dikonfirmasi secara independen dan fotonya belum diverifikasi secara independen. Pemerintah Rusia atau media resmi belum mengomentari laporan tersebut. Newsweek telah menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan komentar.

"9 Mei dan beberapa hari setelahnya adalah tanggal suci bagi Rusia dan penjahat Kremlin Vladimir Putin," lapor Online.UA, outlet media Ukraina berbahasa Rusia, yang mencatat bagaimana parade di kota-kota di seluruh Rusia telah dibatalkan karena masalah keamanan.

"Foto tanda merah di dekat gedung Kementerian Pertahanan," tambahnya, "mungkin, tanda tersebut menunjukkan tempat untuk serangan rudal dan UAV (kendaraan udara tak berawak)."

"Tanda rudal atau UAV diduga muncul di jalan-jalan Moskow," lapor outlet berita Trukha di halaman Telegramnya. "Mereka jelas sedang dalam suasana meriah pada hari kemerdekaan Rusia," tambahnya.

Yang lain mencatat bahwa pada awal perang, bangunan dan jalan Ukraina telah ditandai dengan salib dan lingkaran oleh penyabot untuk membatasi target pasukan Rusia.

Pekan lalu, Moskow menuduh Kyiv, dengan bantuan AS, berada di balik serangan pesawat tak berawak di Kremlin yang dikatakan sebagai upaya pembunuhan terhadap Presiden Vladimir Putin. Kyiv telah menolak klaim tersebut.

Ada juga tindakan sabotase baru-baru ini di seluruh Rusia, seperti di wilayah selatan Krasnodar di mana sebuah kilang minyak dilaporkan menjadi sasaran drone minggu lalu.

Politisi dan penulis pro-perang Rusia Zakhar Prilepin, seorang penulis pro-perang Rusia, terluka parah dalam ledakan bom mobil pada hari Sabtu, sementara pada bulan April, Vladlen Tatarsky, seorang blogger militer Rusia, tewas dalam ledakan di St. Petersburg cafe. 

Tanda X di jalanan Moskow

Photo :
  • Twitter

Pawai di hari kemerdekaan berlangsung tanpa insiden meskipun jauh lebih kecil daripada tahun-tahun sebelumnya, dengan pasukan Rusia menderita kerugian besar personel dan peralatan di Ukraina.

Putin secara tradisional menggunakan Hari Kemenangan untuk mempromosikan persatuan patriotik dan memamerkan kekuatan militer negara itu, tetapi acara tahun ini lebih sederhana, dengan hanya satu tank yang dipamerkan dan tidak ada penerbangan pesawat tempur yang lewat.

Putin memberikan pidato di mana dia menggabungkan invasinya ke Ukraina dengan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman. Dia mengatakan Barat bermaksud untuk membawa "keruntuhan dan kehancuran negara kita."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya