Pendekatan Obama ke Lima Negara Asia

Boediono dan Barack Obama
Sumber :
  • Antara/ Yopie Hidayat

VIVAnews - Presiden Barack Obama akan melakukan pendekatan diplomatik di kawasan Asia dengan menemui lima pemimpin utama negara Asia. Presiden yang tahun ini sudah dua kali membatalkan kunjungan ke Asia direncanakan bertemu dengan pemimpin India, China, Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia, di sela-sela pertemuan G20 di Toronto, Kanada, pada 26-27 Juni 2010.

Menurut Gedung Putih, lima dari pertemuan bilateral Obama dengan delegasi negara lain di momen G20 akan fokus membahasa mengenai Asia. Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, Obama ingin mengeluarkan pernyataan mengenai arti penting hubungan Amerika Serikat (AS) dengan kawasan Asia yang dinamis ini. Pernyataan tersebut hendak disampaikan sebelum kunjungan Obama ke India, Korea Selatan, dan Jepang yang menurut rencana akan dilakukan pada November tahun ini.

"Kita akan mencatat lima dari enam pertemuan bilateral yang disebutkan adalah adalah pertemuan dengan negara-negara Asia-Pasifik," kata seorang pejabat senior Gedung Putih pada para wartawan seperti dikutip dari laman Straits Times, Kamis, 24 Juni 2010. "Ini adalah ungkapan betapa pentingnya perhatian Presiden (Obama) pada Asia, pentingnya Asia bagi keamanan politik kami dan kepentingan ekonomi," lanjutnya.

Bersama sejumlah pemimpin negara Asia, Obama akan mendiskusikan beberapa isu penting, termasuk kebangkitan dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade terakhir, serta ancaman keamanan termasuk mengenai Korea Utara. Selain hadir dalam G20, Obama juga akan menghadiri pertemuan G8 yang juga digelar Kanada. (hs)

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024