Ledakan Besar Guncang Kota Milan Italia, Ini Penyebabnya

Pemadam kebakaran mencoba memadamkan api di Milan
Sumber :
  • Luca Bruno/AP Photo

VIVA Dunia – Sebuah ledakan besar terjadi di Milan yang membakar beberapa kendaraan di pusat kota pada Kamis pagi, 11 Mei 2023. Dalam rekaman yang diambil oleh saluran berita Italia Sky TG24, beberapa kendaraan terlihat dilalap api. 

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Ledakan terjadi di Via Pier Lombardo sekitar pukul 11.30 waktu setempat, dengan kepulan asap hitam besar terlihat dari seluruh kota. 

"Ledakan itu terjadi dari sebuah mobil van yang diparkir yang membawa tabung oksigen," kata walikota, Giuseppe Sala, dikutip dari Standard, Jumat, 12 Mei 2023. 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Sala mengesampingkan spekulasi yang muncul dan menegaskan bahwa tidak korban tewas dalam insiden itu. 

Walikota juga menambahkan bahwa pengemudi van telah memberi tahu pemadam kebakaran mengenai kobaran api yang pertama kali muncul di mesinnya. 

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Kebakaran di Milan

Photo :
  • Luca Bruno/AP Photo

“Dia dengan cepat mengambil tabung oksigen yang dibawanya, dan mencoba untuk membatasi kerusakan tapi kemudian terjadi ledakan.” 

Van itu diparkir di sudut jalan dan memicu reaksi ledakan berantai yang membakar lima kendaraan. Dia menambahkan, pengemudi hanya mengalami luka ringan. 

Api juga menyebar ke apotek dan gedung apartemen terdekat. Memurut rekaman ponsel yang diambil di tempat kejadian, menunjukkan kerumunan orang berkumpul di sekitar insiden di lingkungan Porta Romana, sebelum polisi tiba untuk menutup daerah tersebut. 

Menurut laporan, sebuah sekolah terdekat, Istituto Suore Mantellate, dan bangunan tempat tinggal juga dievakuasi setelah ledakan tersebut. Petugas pemadam kebakaran mengatakan satu orang terluka. Namun, tidak ada laporan kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya