Miris, Militer Myanmar Bakar 19 Warga, Termasuk 4 Anak-anak

Tentara Myanmar
Sumber :
  • Radio Free Asia

VIVA Dunia – Tentara dari pemerintah militer Myanmar telah menyerbu sebuah desa di wilayah tengah negara itu, dan membunuh 19 penduduk desa, termasuk empat diantaranya adalah anak-anak, dan membakar tubuh mereka, kata media independen dan seorang penduduk.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Pembunuhan pekan lalu terjadi di desa Nyaung Pin Thar di kotapraja Htantabin di wilayah Bago mungkin sebagai pembalasan atas serangan oleh pasukan perlawanan yang menentang kekuasaan militer Myanmar.

Melansir laporan Radio Free Asia, mengutip seorang anggota Karen National Liberation Army atau Pasukan Pertahanan Rakyat Myanmar mengatakan pembunuhan itu terjadi setelah pertempuran pada hari yang sama terjadi antara tentara dan kelompoknya, dan sekutunya dari Tentara Pembebasan Nasional Karen, sebuah pemberontak etnis. kelompok yang beroperasi di daerah tersebut.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Militer Myanmar.

Photo :
  • ndtv.com

Dia mengatakan pasukan perlawanan membunuh 20 tentara dan menangkap tiga petugas.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Seorang petani dari desa tersebut mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia kehilangan istrinya, putrinya yang berusia tujuh tahun, dan sembilan kerabat lainnya dalam penggerebekan yang dilakukan oleh sekitar 10 tentara.

Petani, yang berbicara dengan nama anonim karena takut ditangkap, mengatakan dia telah bekerja di ladang dan tidak kembali setelah dia diberitahu bahwa tentara telah memasuki desa mereka, jadi dia tidak menyaksikan pembunuhan tersebut.

Ketika dia kembali keesokan harinya, anggota keluarganya sudah pergi dan dia menemukan mayat, hangus tak bisa dikenali, di dua tempat di desa kecil itu. “Mereka membunuh orang semudah membunuh ayam atau burung,” kata petani itu.

"Setidaknya mereka seharusnya membebaskan anak-anak yang tidak mengerti apa-apa, atas dasar kemanusiaan,” lanjutnya.

Dia mengatakan 19 orang telah tewas, dan tampaknya mereka telah ditembak di kepala sebelum tubuh mereka dibakar menggunakan bensin dan solar yang diambil dari sebuah toko di desa tersebut. Dia mengatakan para tentara juga mengambil bir dan minuman beralkohol yang mereka konsumsi.

Laporan pembunuhan, bersama dengan foto dan video sisa-sisa korban, juga muncul di media independen Myanmar dan media sosial pada hari Jumat pekan lalu.

Sebuah kelompok pemantau hak asasi manusia merilis laporan yang menuduh bahwa militer Myanmar sengaja melakukan kekejaman, termasuk pemenggalan kepala, untuk menanamkan teror pada mereka yang melawan tentara dan di depan umum yang sudah kecewa dengan kebiadaban aparat militer.

Kelompok hak asasi, Myanmar Witness, mengutuk unit tentara yang dijuluki Ogre Column karena kebrutalannya di wilayah tengah Sagaing, yang dianggap sebagai bagian dari jantung tradisional Myanmar.

Tentara Myanmar

Photo :
  • Radio Free Asia

Sagaing adalah kubu perlawanan bersenjata terhadap militer yang berkuasa, yang merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi.

Pengambilalihan tentara memicu protes massal tanpa kekerasan yang ditekan dengan kekuatan mematikan, memicu perlawanan bersenjata di seluruh negeri.

Myanmar Witness mengatakan penyelidikannya atas delapan insiden antara akhir Februari dan awal April menemukan bahwa setidaknya 33 penduduk desa tewas, 12 di antaranya dipenggal dan dua dipotong-potong oleh Kolom Ogre dan unit lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya