Topan Hantam Myanmar, 400 Orang Tewas

Myanmar
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Dunia – Ratusan orang dikhawatirkan tewas setelah topan menghantam Myanmar pada hari Minggu, 14 Mei 2023. Kelompok penyelamat juga memperingatkan adanya korban tewas dalam skala besar. 

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

Topan Mocha melanda pantai Myanmar pada hari Minggu, dan meruntuhkan rumah, pohon, merobohkan tiang telepon dan mengganggu jalur komunikasi di negara bagian Rakhine yang dilanda konflik. Wilayah itu merupakan rumah bagi ratusan ribu orang terlantar. 

Pemerintah bayangan Myanmar pada hari Selasa, 16 Mei 2023, mengungkapkan setidaknya 400 orang telah tewas dan sejumlah orang masih hilang. 

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Topan di Myanmar

Photo :
  • AP Photo

"Saya tidak bisa mengendalikan air mata saya," kata Aung Zaw Hein, seorang penduduk Sittwe, ibu kota negara bagian Rakhine, dikutip dari CNN Internasional, Rabu, 17 Mei 2023. 

Junta Militer Niger Putus Hubungan Militer dengan AS, Ada Apa?

Dia juga telah melihat mayat anak-anak, dan wanita lanjut usia, serta wanita hamil tergeletak di tanah setelah topan menerjang wilayahnya. 

“Orang-orang mengalami masa yang sangat sulit karena mereka tidak punya makanan, mereka tidak punya tempat untuk berbaring,” tambahnya. 

“Masyarakat menjadi gelandangan, tunawisma, bahkan ada yang tidak berdaya. Situasi yang sama telah berulang lagi dalam hidup kami untuk orang-orang Rohingya.” 

Aung Zaw Hein juga mengatakan dia telah melakukan salat jenazah untuk delapan korban yang berhasil ditemukan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya