Komedian Diselidiki karena Buat Lelucon Tak Pantas Tentang Tentara China

Li Haoshi komedian China
Sumber :
  • Caixin Global

VIVA Dunia –Seorang stand-up komedian China telah membatalkan semua penampilannya setelah lelucon yang dia buat dengan referensi militer negara itu memicu kemarahan dari pihak berwenang dan penyelidikan resmi terhadap perusahaan yang mewakilinya.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Kontroversi tersebut menggarisbawahi “garis halus” yang harus dilalui komedian di China yang sangat ketat dengan sensor, negara di mana politik jarang menjadi bahan tertawaan.

Li Haoshi menarik perhatian pihak berwenang setelah menggunakan frasa yang terkait dengan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ketika dia bercerita tentang dua anjing liar dalam acara komedinya baru-baru ini, menurut media Jimu News yang berafiliasi dengan negara.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • chinadaily.com.cn

Selama acara bincang-bincang yang diadakan di Beijing oleh Shanghai Xiaoguo Culture Media Company pada hari Sabtu, Li Haoshi, yang memiliki nama panggung House, mengatakan dalam penampilannya bahwa dia telah mengadopsi dua anjing liar yang suka berlari liar dan mengejar tupai. Dia mengatakan perilaku hewan peliharaannya membuatnya berpikir untuk "mempertahankan perilaku yang baik, bisa bertarung dan menang", kata-kata yang merupakan bagian dari moto PLA.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Netizen dan PLA menanggapi dengan keras di media sosial Tiongkok, menganggap lelucon Li tidak pantas.

Pada Senin malam, Komando Teater Barat PLA menerbitkan sebuah postingan di akun publik resmi WeChat berjudul "Acara bincang-bincang seperti ini membuat tentara PLA sangat marah!".

Setelah dikecam, ia kemudian mengungkapkan "penyesalan dan penyesalan yang mendalam" dalam sebuah posting media sosial pada hari Senin, mengatakan bahwa dia telah menggunakan "analogi yang sangat tidak cocok untuk membawa perasaan dan asosiasi yang buruk kepada penonton."

Li Haoshi komedian China

Photo :
  • Caixin Global

“Saya akan mengambil semua tanggung jawab dan membatalkan semua penampilan saya untuk merefleksikan secara mendalam dan mendidik kembali diri saya sendiri,” kata komedian, yang memiliki 136.000 penggemar di platform media sosial China Weibo.

Ungkapan itu pertama kali diucapkan pada tahun 2013 oleh pemimpin China Xi Jinping, yang juga memimpin militer, ketika dia menetapkan daftar kualitas yang dia perintahkan dari tentara negara. Sejak itu. Kata-kata itu terus diulangi di berbagai acara resmi kenegaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya