Bendahara Kerajaan Inggris Bocorkan Biaya Fantastis Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth

Pemakaman Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • (Yui Mok/PA via AP)

VIVA Dunia – Bendahara Kerajaan Inggris, pada Kamis, 18 Mei 2023, membeberkan jumlah biaya yang dikeluarkan kerajaan saat pemakaman Ratu Elizabeth II. Dalam keterangannya, biaya pemakaman Ratu menghabiskan sekitar US$200 juta atau setara dengan Rp2,9 triliun. 

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Acara yang dihadiri oleh para pemimpin dunia dan pejabat tinggi itu diadakan selama 10 hari berkabung nasional, setelah Ratu meninggal pada usia 96 tahun, pada 8 September 2022. Ratu Elizabeth diketahui menduduki tahta selama 70 tahun. 

"Prioritas pemerintah adalah agar acara ini berjalan dengan lancar dan dengan tingkat martabat yang sesuai, sambil memastikan keselamatan dan keamanan publik setiap saat,” kata John Glen, kepala sekretaris bendahara, dalam sebuah pernyataan tertulis kepada Parlemen Inggris. 

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Photo :
  • (Yui Mok/Pool Photo via AP)

Melansir dari AP, Jumat, 19 Mei 2023, Ratu Elizabeth dikebumikan di Kapel St. George di Kastil Windsor, di mana Raja Philip, suaminya, juga dimakamkan di sana. 

Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

Ratusan ribu orang juga memenuhi Westminster Hall London untuk melihat raja terlama di Inggris mangkat. 

Philip, yang meninggal pada tahun 2021 pada usia 99 tahun, memilih untuk tidak merahasiakan pemakamannya, karena diadakan di bawah aturan jarak sosial yang ketat selama pandemi COVID-19, dan publik dibatasi untuk melihat pemakamannya. 

Pemakaman kenegaraan untuk setiap mendiang raja, pertama kali diadakan pada 19 September 1965. Saat itu, Kerajaan Inggris membuat pemakaman kenegaraan bagi mantan Perdana Menteri Winston Churchill.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya