Peta Tempat Persembunyian Rahasia Vladimir Putin Bocor

Rumah mewah Putin
Sumber :
  • Insider

VIVA Dunia – Tidak jauh dari Krimea, Presiden Rusia Vladimir Putin diisukan menikmati kehidupan di kompleks seluas 57.000 meter persegi bernilai miliaran dolar di tepi Laut Hitam di kota resor Gelendzhik, Rusia.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Di dalam istana itu, ada gelanggang hoki, gudang anggur, lounge hookah, arboretum kasino, tiang penari, dan, tentu saja, sebuah gereja.

Tapi 50 meter di bawah tebing tempat perkebunan bertengger, yang juga menempatkannya di zona larangan terbang khusus, terdapat bunker terowongan ganda rahasia Putin.

Jubir MK Jamin Putusan Sengketa Pilpres Tak Bocor ke Publik Sebelum Dibacakan

Peta tempat persembunyian Putin

Photo :
  • Insider

Peta biru atau blue print tempat persembunyian Putin, yang dapat melindungi presiden dan anggota VIP jika terjadi kekacauan, telah bocor ke publik dan media. 

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

Dikatakan, Putin dan tamu-tamu penting dapat bertahan di sana selama berminggu-minggu, karena akses ke air bersih, ventilasi yang baik, dan sistem kabel yang rumit semuanya mengalir di bawah beton 15 inci yang sangat padat.

“Pengaturan terowongan ini memiliki semua jenis keselamatan dan keamanan,” kata insinyur struktural Thaddeus Gabryszewski kepada Insider.

“Ada sistem kebakaran. Ada air, ada selokan. Ini dimaksudkan agar seseorang dapat bertahan hidup atau melarikan diri.”

Perlunya tempat persembunyian "hari kiamat" adalah karena dugaan paranoia Putin, dan mungkin ketidakpastian tentang kekuasaannya di Rusia. 

Rumah mewah Putin

Photo :
  • Insider

“Putin sangat cemas menjadi pemimpin Rusia yang tidak sepenuhnya sah,” kata Michael C. Kimmage, mantan pejabat Departemen Luar Negeri yang berfokus pada Rusia dan Ukraina.

"Jadi, mengetahui bahwa legitimasinya tidak sepenuhnya dijamin oleh pemilu, dia akan berusaha memaksimalkan keamanan pribadinya melalui kompleks tempat tinggal pribadi yang dijaga dengan baik," lanjut profesor sejarah itu. 

“Kita harus melihat ini sebagai bagian dari konfrontasi panjang dengan Barat yang menandai 13 atau 14 tahun terakhir kehidupan Putin.”

Dalam peta yang bocor itu, kediaman putin memiliki dua terowongan di atas satu sama lain, dan dihubungkan dengan lift, memiliki panjang sekitar 40 dan 60 meter dan lebar sekitar 6 meter, ada ruang hidup yang sangat dibentengi seluas 6.500 kaki persegi.

Apakah fasilitas tersebut dapat menahan ledakan nuklir atau tidak akan bergantung pada bagaimana beton diperkuat dan bahan apa yang digunakan di sekitar area yang terisi, menurut insinyur tersebut. 

Terowongan bawah berisi 16 rak kabel, masing-masing selebar hampir satu kaki, yang dirancang untuk listrik dan serat optik.

“Ada banyak sekali kabel hanya untuk terowongan itu sendiri. Jadi bisa jadi semacam sistem cadangan untuk kompleks istana,” kata Gabryszewski.

Sementara itu, Kimmage menegaskan bahwa lokasinya, yang mana ratusan km dari Moskow, berfungsi untuk memastikan kelangsungan hidup Putin melawan pemberontakan dari rakyatnya sendiri.

"Dua kali terjadi transisi besar dalam sejarah Rusia, yaitu di 1917 dan 1991, status ibu kota dan posisi pemimpin menjadi masalah besar," katanya.

“Putin memecahkan kemungkinan itu dengan membangun jaringan tempat tinggal yang sejauh mungkin dari pusat. Jadi sistem terowongan di dalam kompleks Laut Hitam sangat masuk akal. Bahkan tanpa ancaman aktif, dia akan mengkhawatirkan kemungkinan ini.”

Sistem ventilasi yang kompleks juga dirancang dengan mempertimbangkan serangan kimia dari luar, menurut Gabryszewski. “Jika ada semacam serangan (kimia), Putin memiliki dua sumber asupan udara, satu tinggi dan satu rendah.”

Insinyur itu juga melihat potensi zona pemuatan pasokan di bunker yang ada di dekat jalan raya.

Peta tempat persembunyian Putin

Photo :
  • Insider

Pada akhirnya, desain benteng semacam itu menunjukkan bahwa Putin telah mengantisipasi ambang konflik global selama bertahun-tahun, menurut Kimmage.

“Ini juga sangat nyata. Putin menganggap dirinya terlibat dalam konfrontasi dengan Barat. Dimensi nuklir adalah bagian penting dari itu. Dia tahu dia berdiri di atas gunung berapi," katanya.

“Putin tampaknya tidak terlalu psikopat untuk memulai konflik nuklir, apalagi dia memiliki cucu. Tetapi dia sudah berdiri di tepi itu untuk waktu yang sangat lama. Terowongan ini, bunker ini, adalah bagian dari itu.” 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya