Gempa 7,7 SR Guncang Pasifik Selatan, Peringatan Tsunami Dicabut

Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Dunia – Pusat Peringatan Tsunami AS (USGS), resmi mencabut peringatan Tsunami di Pasifik Selatan, pada Jumat, 19 Mei 2023, sekitar tiga jam setelah gempa berkekuatan 7,7 melanda wilayah tersebut. Badan Manajemen Darurat Hawaii juga mentweet bahwa saat ini tidak ada ancaman tsunami untuk Hawaii. 

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

"Berdasarkan semua data yang tersedia, ancaman tsunami dari gempa ini telah berlalu,” kata pusat tersebut dalam sebuah laporan, dikutip dari CNN Internasional, Jumat, 19 Mei 2023. 

Sebelumnya, orang-orang yang tinggal di wilayah tersebut telah disarankan untuk menghindari daerah pesisir setelah USGS mengatakan gempa berkekuatan 7,7 skala richter dengan kedalaman 38 kilometer (23 mil) melanda wilayah itu. 

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Ilustrasi tsunami.

Photo :
  • pixabay

Pusat gempa terjadi di dekat Kepulauan Loyalitas di wilayah Prancis Kaledonia Baru, di sebelah barat Fiji dan Vanuatu, menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS. 

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Setelah kejadian itu, awalnya USGS mengeluarkan peringatan tsunami untuk pantai dalam jarak 1.000 kilometer (621 mil) dari pusat gempa, dan ke negara-negara terdekat termasuk Vanuatu dan Kiribati. Namun, tak lama setelahnya, badan itu menarik kembali peringatan tsunami. 

Meski demikian, peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh Biro Meteorologi Australia untuk Pulau Lord Howe yang berpenduduk lebih sedikit, di lepas pantai timur negara itu, tetap berlaku, meskipun mereka mengatakan tidak ada ancaman yang terdeteksi untuk daratan Australia. 

Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru mengatakan dalam sebuah tweet bahwa peringatan tsunaminya juga tetap berlaku, dan memperingatkan bahwa arus dan gelombang yang kuat berpotensi melukai atau menenggelamkan seseorang. 

Gempa tersebut pertama kali dilaporkan berkekuatan 7,7 SR. Namum segera mendapat revisi menjadi 7,8 skala richter, sebelum diturunkan lagi dalam pembaruan terbaru dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS. 

Sebagai informasi, Pasifik Selatan adalah salah satu wilayah yang paling aktif secara seismik di dunia karena tingkat konvergensi yang tinggi antara lempeng tektonik Australia dan Pasifik yang terus-menerus saling mendorong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya