Momen Akrab PM Jepang dan Macron Ajak Jokowi 'Merapat' saat Sesi Foto KTT G7

Sesi foto pimpinan negara G7 dan mitra.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

VIVA Dunia – Sejumlah momen menarik terekam dalam sesi foto bersama pimpinan negara G7 dan negara mitra, yang digelar di Hiroshima, Jepang. Salah satunya yakni saat Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, memanggil Presiden Joko Widodo sesaat sebelum sesi foto dimulai.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu, 21 Mei 2023, para pimpinan negara G7 itu tampak sudah berdiri di tempat sesi foto sambil merapikan setelan jas sebelum foto dimulai.

Namun, nyatanya masih ada posisi kosong di dekat Fumio Kishida, sehingga dari barisan kedua belakang Emmanuel Macron pun memanggil nama Jokowi. Setelah dipanggil Fumio dan Macron, Jokowi pun segera merapat untuk mengambil posisi di dekat Fumio guna mengikuti sesi foto bersama tersebut.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Joko... Jokowi. I'm sorry," panggil Macron meminta Jokowi agar menempati posisi untuk berfoto, sebagaimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu, 21 Mei 2023.

Sesi foto pimpinan negara G7 dan mitra.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.
Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Pada saat yang sama, PM Jepang juga terlihat memanggil Jokowi melalui gestur lambaian tangannya. Setelah Presiden Jokowi merapat, selanjutnya para pimpinan negara G7 itu pun melakukan sesi foto.

Berdasarkan foto yang diberikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi yang mengenakan setelan jas abu-abu berdiri di barisan depan. Jokowi diapit oleh PM Fumio Kishida dan Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol.

Di barisan kedua atau di belakang Presiden Jokowi tampak Perdana Menteri India Narendra Modi yang berdiri di antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berada di barisan kedua. Di sebelah Biden tampak PM Kanada Justin Trudeau. Para pimpinan negara ini berfoto dengan latar pantai Hirosima.

Para pimpinan negara ini berfoto dalam sela-sela KTT G7 dan negara mitra. KTT ini berlangsung di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya