SBY Berharap Gillard Lanjutkan Kerjasama

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditelepon Jusuf Kalla (JK)
Sumber :
  • Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Ucapan selamat disampaikan SBY lewat sambungan telepon di sela  perjalanannya menuju Toronto, Kanada untuk menghadiri pertemuan G20.

Dalam jumpa pers singkat saat transiit di VIP Room Bandara Schippol Amsterdam yang dihadiri jurnalis antv, Uni Lubis, Jumat 25 Juni 2010, SBY menyatakan telah mendapat kabar pengunduran diri dari PM Kevin Rudd.

"Saya mengucapkan selamat kepada PM Julia Gillard dan berharap dapat melanjutkan kerjasama yang erat dengan pemerintah Australia sebagaimana selama ini," kata SBY.

SBY menambahkan, Indonesia dan Australia telah bekerjasama dengan baik, secara bilateral maupun multilateral di dalam forum G20, APEC dan forum-forum United Nation.

Kevin Rudd terjungkal dari kursi PM dan pimpinan Partai Buruh gara-gara tudingan 'salah kebijakan', termasuk soal proposal perubahan iklim dan niat mengenakan pajak tinggi, sampai 40 persen ke industri pertambangan. Kebijakan terakhir ditentang kuat industri tambang yang menjadi andalah ekonomi Australia. Tidak hanya oleh perusahaan tambang, tentangan juga datang dari masyarakat yang banyak memegang saham perusahaan tambang.

Gillard merupakan perdana menteri wanita pertama Australia. Gillard disumpah bersama wakilnya, Treasurer Wayne Swan. Ia terpilih tanpa pertarungan dan hanya 12 jam setelah menantang menjadi perdana menteri. 

Polisi Ungkap Alasan Chandrika Chika Konsumsi Ganja: Bukan Doping Tapi Circle Pergaulan
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

PKB Bantah Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Bahas Kursi Menteri

Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah melangsungkan pertemuan secara tertutup dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024