AS dan Negara-Negara Arab Kecam Menteri Israel yang Datang ke Masjid Al Aqsa

menteri keamanan nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, mendatangi Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur.
Sumber :
  • Sky.com

VIVA Dunia – Pihak Amerika Serikat menyatakan "kekhawatirannya" setelah "kunjungan provokatif" oleh Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir ke kompleks masjid Al Aqsa, menurut sebuah pernyataan.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller juga mengecam "retorika yang menghasut" tanpa menyebut nama Ben Gvir. Sebelumnya, Ben Gvir mengatakan dengan sesumbar, "Kami adalah pemilik Yerusalem dan seluruh Tanah Israel."

Dewan Urusan Wakaf Islam Yordania, yang mengelola kompleks masjid dan situs keagamaan itu, mengecam juga kunjungan Ben Gvir sebagai "langkah provokatif" yang melanggar status quo di Yerusalem. Pernyataan itu bergabung dengan kecaman dari beberapa negara Arab

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • MintPress News

Temple Mount, situs kuil kuno Israel dan saat ini menjadi situs masjid Al Aqsa, adalah salah satu isu paling sensitif dalam konflik Palestina-Israel.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

“Ruang suci ini tidak boleh digunakan untuk tujuan politik, dan kami meminta semua pihak untuk menghormati kesuciannya,” tambah Miller. “Secara lebih luas, kami menegaskan kembali posisi AS yang sudah lama mendukung status quo bersejarah di tempat-tempat suci Yerusalem dan menggarisbawahi peran khusus Yordania sebagai penjaga tempat-tempat suci Muslim di Yerusalem.”

Pesan itu datang bersamaan dengan teguran terhadap kebijakan Israel tentang permukiman Tepi Barat, khususnya pencabutan langkah-langkah yang mencegah orang Israel membangun kehadiran di pos terdepan Homesh.

"Menurut hukum Israel dibangun secara ilegal di atas tanah pribadi Palestina,” kata Miller, sambil meminta pemerintah Israel untuk memperhatikan komitmen yang dibuat untuk AS di bawah perdana menteri saat ini dan di masa lalu.

Warga Palestina khawatir penggunaannya sebagai museum yang luas mengancam fondasi masjid Al Aqsa. “Berkali-kali, teman-teman saya dan saya terpaksa menolak tekanan internasional dari mereka yang ingin memecah belah Yerusalem lagi,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di awal pertemuan.

menteri keamanan nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, mendatangi Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur.

Photo :
  • Sky.com

Beberapa pemimpin Israel “siap untuk menyerah pada tekanan itu”, bantahnya, tetapi “kami telah bertindak berbeda,” menurut transkrip dari kantornya, merayakan perluasan permukiman Israel di Yerusalem timur yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Israel menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kotanya, tetapi Palestina menginginkan sektor timur, termasuk Kota Tua, sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya