Pemerintah Inggris: Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Mencapai Rp4 Triliun

Ratu Elizabeth dikebumikan
Sumber :

VIVA Dunia – Pemerintah Inggris telah akhirnya mengungkapkan bahwa negara mereka telah menghabiskan 162 juta Poundsterling atau Rp4 triliun untuk pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Depok Termasuk?

Ratu Elizabeth II adalah monarki terlama di Inggris, memegang tahta selama 70 tahun. Setelah kematiannya pada September 2022, negara itu memasuki 10 hari berkabung nasional, termasuk keadaan berbaring di mana sekitar 250.000 orang mengantri berjam-jam untuk melihat peti matinya, dilansir dari laporan ABC News, Senin, 22 Mei 2023.

Pemakaman kenegaraan tersebut adalah yang pertama di Inggris sejak mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada tahun 1965.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

Peti mati Ratu Elizabeth.

Photo :
  • AP Photo/Emilio Morenatti.

Setelah pemakaman, peti mati mendiang Ratu dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya di Windsor.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Perkiraan biaya yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan pada hari Kamis pekan lalu, delapan bulan setelah peristiwa tersebut, menunjukkan bahwa sebagian besar pengeluaran dilakukan oleh Departemen Dalam Negeri, yang menangani kepolisian dan keamanan.

Home Office menyumbang 73,7 juta pound, sedikit lebih dari 45 persen dari total biaya pemakaman megah tersebut.

Dengan para pemimpin dunia dan pejabat dari seluruh dunia berbondong-bondong datang ke Inggris untuk menghadiri acara tersebut, pemakaman tersebut adalah acara kepolisian terbesar yang pernah ditangani oleh Polisi Metropolitan London.

"Prioritas pemerintah adalah agar acara ini berjalan dengan lancar dan dengan tingkat martabat yang sesuai, sambil memastikan keselamatan dan keamanan publik setiap saat," kata Menteri Keuangan John Glen dalam sebuah pernyataan.

Peti jenazah Ratu Elizabeth II saat tiba di Kastil Windsor

Photo :
  • (Aaron Chown/Pool photo via AP

Sekitar 57,4 juta pound dihabiskan oleh Departemen Kebudayaan, Media & Olahraga, yang mengorganisir tontonan publik di almarhum Ratu yang terbaring di negara bagian, antrean yang, paling lama, mengular 16 kilometer di sekitar London.

Selain itu, penobatan Raja Charles, upacara yang melambangkan kenaikannya ke tahta, telah menjadi topik perdebatan sengit mengenai arak-arakan upacara pada saat banyak orang di Inggris hidup dalam kemiskinan. Namun, sejauh ini pemerintah Inggris menolak mengomentari biaya acara itu dan hingga kini belum mengeluarkan pernyataan mengenai biaya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya