Amerika Serikat Dorong Normalisasi Arab Saudi dan Israel Sebelum 2024

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

VIVA Dunia – Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang merencanakan dorongan untuk normalisasi antara Arab Saudi dan Israel sebelum akhir tahun 2023. Hal itu diungkapkan pejabat AS kepada Axios.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Dilansir dari Axios, Senin, 22 Mei 2023, Gedung Putih berharap untuk melakukan upaya diplomatik sebelum Presiden Joe Biden mengalihkan fokusnya pada kampanye pemilihan ulang 2024, menurut laporan yang diterbitkan pada hari Rabu.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • deadline.com
Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MbS) mengatakan kepada penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan pekan lalu di Riyadh bahwa harga normalisasi akan menjadi paket besar dari pengiriman AS, termasuk kerja sama militer, sebagai lawan dari konsesi tambahan dari Washington.

Paket itu kemungkinan akan mencakup penjualan senjata yang ditangguhkan oleh pemerintahan Biden karena perang Arab Saudi di Yaman dan bahkan dapat diperluas untuk mendukung program nuklir Arab Saudi.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Dalam kasus Washington, para pejabat dilaporkan telah menekankan kepada MbS bahwa kesepakatan normalisasi di bawah masa jabatan Biden akan menerima dukungan bi-partisan di Kongres dari Demokrat dan Republik.

Sementara banyak politisi Demokrat tetap kritis terhadap MbS atas pembunuhan Khashoggi 2018, diyakini mereka akan lebih setuju untuk melakukan pemanasan ke Riyadh di bawah presiden dari partai mereka sendiri.

Pejabat AS yang dikutip oleh Axios, serta seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, menunjukkan kesepakatan mereka bahwa kesepakatan akan memiliki peluang terbaik di Washington di bawah pemerintahan saat ini.

Senator Republik Lindsey Graham mengungkapkan sentimen serupa selama kunjungan baru-baru ini ke Yerusalem, yang dilakukan beberapa hari setelah pertemuan dengan MbS.

"Saya memberi tahu putra mahkota bahwa waktu terbaik untuk meningkatkan hubungan kita adalah sekarang, bahwa Presiden Biden sangat tertarik untuk menormalisasi hubungan dengan Arab Saudi dan, pada gilirannya, Arab Saudi mengakui (Israel)," kata Graham.

VIVA Militer: Bendera Israel

Photo :
  • Moderate Rebels

Selain itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Partai Republik akan "senang" bekerja dengan Biden untuk mengembalikan hubungan AS-Saudi.

Menurut konsultan risiko geopolitik, Sami Hamdi, negara-negara Arab mendekati normalisasi dengan Israel dengan keyakinan bahwa hal itu menawarkan pengaruh besar, akses, dan impunitas di Kongres AS dan Gedung Putih. Ia menambahkan bahwa MbS tetap marah atas kerusakan reputasi Riyadh oleh kritik dari Washington.

"Dia (MbS) tetap tidak yakin apakah normalisasi, dan perbaikan selanjutnya yang akan terjadi dalam hubungannya dengan Washington, akan mengubah sentimen investor pada skala yang membuatnya layak menanggung serangan balik yang menyapu, dan berpotensi berbahaya, yang akan dia dapatkan dari dunia Muslim," ujarnya seperti dikutip dari New Arab.

Pencapaian kesepakatan dalam enam hingga tujuh bulan ke depan juga akan sesuai dengan pemerintahan Biden, yang telah banyak dikritik karena penanganannya terhadap kebijakan Timur Tengah.

"Kesepakatan Iran, yang seharusnya menjadi ciri khas kebijakan luar negeri Demokrat, tampaknya tidak akan terjadi lagi dalam waktu dekat," kata Hamdi.

Joe Biden dan Mohammed bin Salman

Photo :
  • AP

"Sekarang ada urgensi yang lebih besar di Gedung Putih untuk mengamankan 'kemenangan' kebijakan luar negeri yang dapat disajikan selama kampanye pemilu 2024 saat Biden mengajukan tawaran untuk masa jabatan satu periode lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Riyadh secara terbuka tetap tenang dalam normalisasi, mengatakan dalam pernyataan resmi bahwa negara itu tidak akan bergerak sampai ada langkah-langkah menuju terbentuknya negara Palestina.

Jika Washington mengabulkan tuntutan MbS, masih harus dilihat apa yang akan ditawarkan sehubungan dengan Palestina. Namun, pengamat skeptis terhadap pernyataan resmi Riyadh tentang masalah Palestina dan normalisasi Israel.

Berbicara kepada The New Arab, Hamdi menyoroti bahwa media pemerintah Saudi telah dikritik karena mendukung kebijakan Israel, termasuk serangannya baru-baru ini di Gaza.

"Masalah Palestina lebih tentang mengatur mekanisme PR di mana Putra Mahkota Saudi dapat menunjukkan 'pencapaian' untuk meredam reaksi di dalam negeri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya