Mataf Masjidil Haram Akan Diperluas Melalui Portico Project

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi menghapus aturan salat berjarak
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA Dunia – Kepala Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan pada hari Minggu bahwa otoritas Saudi yang lebih tinggi telah mengeluarkan persetujuan untuk menamai Proyek Perluasan Mataf di Masjidil Haram sebagai Saudi Portico atau Serambi Saudi, dikutip dari Saudi Press Agency, Selasa, 23 Mei 2023.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengatakan bahwa serambi Saudi yang mengelilingi serambi Abbasiyah memiliki area yang jauh lebih luas yang belum pernah dilihat Masjidil Haram sebelumnya.

Terdiri dari empat lantai, yaitu lantai dasar, lantai satu, mezzanine lantai dua, dan atap. Serambi Saudi dan mataf memiliki kapasitas maksimum untuk menampung 287.000 jamaah, dan 107.000 pelaku tawaf per jam.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Masjidil Haram diguyur hujan deras pada 2 Januari 2023

Photo :
  • Haramain Sharifain

Kepala kepresidenan mengatakan bahwa serambi Saudi mencakup proyek perluasan mataf (area keliling di sekitar Ka'bah Suci) di belakang serambi Abbasiyah, dan halaman sekitar Ka'bah Suci.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

“Raja Abdul Aziz, pendiri Arab Saudi modern, memerintahkan perluasan Masjidil Haram untuk mengakomodasi peningkatan jumlah jamaah, dan karenanya, pekerjaan perluasan dimulai pada periode Raja Saud pada tahun 1955," ujarnya. 

“Perluasan bangunan serambi berlanjut selama era Raja Saud, Raja Faisal, dan Raja Khalid,” katanya sambil mencatat bahwa perluasan proyek sedang dalam tahap penyelesaian selama periode Raja Fahd dan Raja Abdullah dan era sekarang, dipegang oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman

Dia mengatakan bahwa serambi Saudi menyediakan ruang yang lebih luas untuk jamaah dan jemaah sesuai dengan standar teknik yang berkualitas tinggi dan akurat.

“Juga dibedakan dengan tersedianya semua layanan teknis, serta sistem tata suara dan pencahayaan, yang berkontribusi dalam menciptakan suasana spiritual yang sangat dibutuhkan para jemaah haji,” jelasnya.

Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi

Photo :
  • Reasahalharamain

Arab Saudi akan menampung lebih dari dua juta jemaah haji tahun ini, menurut angka resmi kerajaan. 

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan ziarah yang harus dilakukan oleh setiap Muslim dewasa setidaknya sekali seumur hidup jika mampu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya