Geger Penampakan Matahari Berwarna Merah Darah, Ini Penyebabnya

Penampakan Matahari Berwana Merah Darah
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Dunia – Fenomena aneh berupa kemunculan Matahari merah darah tampak di sebagian besar wilayah negara bagian Amerika Serikat (AS). Penduduk di New York, New Jersey, Chicago, Illinois, dan Iowa, dilaporkan melihat fenomena Matahari berwarna merah darah.

Bangga! Film Badarawuhi di Desa Penari Umumkan Tanggal Tayang di Amerika Serikat

Dilansir dari DailyMail, Kamis, 25 Mei 2023, Fenomena matahari merah darah yang cerah ini berlangsung sekitar seminggu terakhir dan banyak diabadikan dalam foto-foto yang indah.

Penampakan Matahari Berwana Merah Darah

Photo :
  • Daily Mail
Petugas Damkar Meninggal Dunia Usai Padamkan Kebakaran di Gedung LBH Jakarta

Ini mendorong orang lain untuk berbagi gambar matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan yang terlihat seperti diambil dengan filter kamera.

Namun, penyebab matahari berubah warna menjadi semerah darah ternyata menjadi kabar yang tidak menyenangkan. Ternyata, warna merah ini akibat bencana alam dari 84 kebakaran hutan di beberapa bagian Kanada, khususnya di Alberta.

Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung LBH Jakarta

Asap dari kobaran api menyebar menempuh jarak hingga 2.000 mil atau 3.218 km, menciptakan filter kabur di atas matahari, sehingga membuatnya tampak berwarna merah.

Warna merah menyala akibat asap yang menyaring panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, sehingga hanya panjang gelombang merah dan jingga yang tampak bersinar.

Matahari juga semakin redup karena asap tebal yang berhembus dari Kanada. Gambar satelit yang dibagikan oleh NWS menunjukkan asap mengalir melintasi AS bagian utara dan menyelimuti negara bagian timur dengan polutan.

“Lihat matahari yang sangat merah terbit di atas New York City. Ini karena semua asap api yang menyebar di atas kita dari kebakaran hutan di Kanada,” tulis Layanan Cuaca Nasional (NWS) di Montana melalui akun Twitter.

Penampakan Matahari Berwana Merah Darah

Photo :
  • Daily Mail

Otoritas Alberta berharap suhu yang lebih dingin dan hujan segera turun minggu depan, agar membantu petugas pemadam kebakaran melawan kobaran api di provinsi Kanada yang kaya minyak itu.

Tahun ini, Alberta Wildfire menanggapi 496 kebakaran hutan yang melanda lebih dari 2 juta hektare atau lebih luas dibandingkan tahun 2022 yang membakar lahan seluas 1.134 hektare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya