Hubungan Diplomatik Pulih, Arab Saudi dan Kanada Kembali Buka Kedutaan

Cuaca panas di Kota Mekkah Arab Saudi
Sumber :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

VIVA Dunia – Kanada dan Arab Saudi sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik mereka dan menunjuk duta besar baru. Hal tersebut disampaikan oleh kedua negara, pada Rabu, 24 Mei 2023, untuk mengakhiri dampak dari perselisihan tahun 2018 yang merusak hubungan dan perdagangan. 

Arab Saudi dan UAE Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Mengingat apa yang telah dibahas antara HRH Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, telah diputuskan untuk memulihkan tingkat hubungan diplomatik dengan Kanada ke keadaan sebelumnya," kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, dikutip dari Alarabiya News, Kamis, 25 Mei 2023.

Tas LV Berisi Uang dan Emas, Kecelakaan Maut Tol Cikampek hingga Arab Saudi Pantau Hilal

Selain itu, pihak Kanada juga mengatakan keputusan tersebut mengikuti diskusi yang diadakan antara Trudeau dan Putra Mahkota Saudi di sela-sela KTT Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), di Bangkok pada November tahun lalu. 

"Langkah-langkah perdagangan yang menghukum akan dicabut," kata sumber pemerintah Kanada, yang mengetahui perjanjian tersebut.. 

Arab Saudi Umumkan Pengamatan Hilal 1 Syawal Hari Ini

"Kursi kosong pada akhirnya tidak mendorong kepentingan kita ke depan, dan mereka tidak mendorong hal-hal seperti hak asasi manusia,” tambah sumber itu. 

Kanada telah melihat dalam beberapa tahun terakhir bahwa Arab Saudi adalah pemain global yang penting. Arab Saudi diketahui membantu mengevakuasi warga Kanada di Sudan, dan mereka juga memainkan peran penting dalam menemukan solusi untuk konflik di sana. 

"Kita perlu melakukan percakapan dengan orang-orang yang tidak selalu kita setujui dalam segala hal untuk menemukan solusi global untuk masalah global," kata Menteri Luar Negeri Kanada, Melany Joly. 

Sebagai informasi, Kanada akan menunjuk Jean-Philippe Linteau sebagai duta besar barunya di Riyadh. Namun Arab Saudi belum menentukan siapa duta besar mereka yang menjadi perwakilan di Kanada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya