Detik-detik Pintu Darurat Pesawat Maskapai Korsel Terbuka, Penumpang Panik

Detik-detik pintu darurat pesawat terbuka
Sumber :
  • Twitter

VIVA Dunia – Kejadian mengerikan baru-baru ini terjadi pada salah satu maskapai Korea Selatan. Asiana Airlines, dikejutkan dengan pintu darurat yang terbuka saat akan mendarat di Daegu, pada Jumat sore, 26 Mei 2023. Kejadian mengerikan itu diduga terjadi secara sengaja, setelah seorang pria membuka pintu darurat pesawat dan membuat angin kencang masuk ke dalam kabin pesawat. 

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Melansir dari CNN Internasional, Jumat, 26 Mei 2023, dalam video yang beredar secara luas di internet, penumpang yang ketakutan mencengkeram sandaran tangan mereka. 

Seorang pejabat maskapai mengatakan bahwa seorang pria berusia 30-an, yang duduk di kursi darurat tampaknya membuka pintu ketika pesawat berada di ketinggian sekitar 700 kaki (213 meter). Setelah pintu terbuka, sekitar dua hingga tiga menit pesawat itu akhirnya berhasil mendarat di kota selatan Seoul. Pejabat perusahaan mengatakan bahwa pesawat telah mendarat dengan selamat. 

Profil Areum Eks T-ARA, Karier hingga Alami KDRT dan Nyaris Akhiri Hidup

Penumpang Maskapai Korsel

Photo :
  • Twitter

Polisi setempat menegaskan bahwa pihaknya telah menangkap seorang pria yang bertanggungjawab atas insiden itu. Tersangka mengaku membuka pintu, tetapi tidak mengatakan apa alasan dia melakukannya. 

Alami KDRT dan Dikhianati Jadi Alasan Areum Eks T-ARA Lakukan Percobaan Bunuh Diri?

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa polisi dan kementerian sedang menyelidiki seseorang atas pelanggaran undang-undang penerbangan. 

"Siapa pun yang melanggar Undang-Undang Keamanan Penerbangan, termasuk penumpang yang mengoperasikan pintu, pintu keluar, atau peralatan di dalam pesawat, dapat dituntut dan dijatuhi hukuman hingga 10 tahun penjara," bunyi pernyataan itu. 

Kementerian juga mengatakan telah mengirim pengawas keselamatan penerbangan ke lokasi untuk memeriksa apakah ada kelainan dalam perawatan pesawat. 

"Sebanyak 200 orang berada di dalamnya, termasuk 194 penumpang," menurut data Asiana Airlines.

Departemen Pemadam Kebakaran Daegu menuturkan setidaknya ada 12 orang menderita luka ringan akibat hiperventilasi dan sembilan dari mereka telah dikirim ke rumah sakit di Daegu. 

Sebagai informasi, pesawat tersebut sedang dalam penerbangan dari pulau Jeju, di lepas pantai selatan Korea Selatan, ke Daegu. Pakar penerbangan Geoffrey Thomas dari Airline Ratings menggambarkan insiden itu sebagai kejadian yang janggal, sebab, tidak mungkin jika seseorang membuka pintu dalam keadaan penerbangan. 

"Secara teknis, tidak mungkin membuka pintu itu dalam penerbangan,” ujarnya. 

Thomas mencatat bahwa kecepatan pendaratan pesawat A321 adalah sekitar 150 knot (172 mph), yang berarti angin dengan kecepatan tersebut melewati pesawat. 

“Tampaknya tidak masuk akal bahwa pintu dapat dibuka sejak awal dan kemudian melawan aliran udara, secara teknis tidak mungkin, tetapi entah bagaimana hal itu telah terjadi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya