Masjid Nabawi di Madinah Diserbu Kawanan Belalang, Apa Sebabnya?

Belalang di kawasan Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi
Sumber :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

VIVA Dunia – Kawanan belalang dan jangkrik memenuhi kawasan Masjid Nabawi, Madinah, hingga Bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz (AMMA), Madinah.  Setiap malam tiba, gerombolan belalang dan jangkrik tampak berkerumun. Fenomena ini menjadi sorotan. 

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Dari pantauan VIVA di Bandara AMMA dan Masjid Nabawi tak henti para petugas kebersihan sibuk membersihkan bangkai belalang yang berserakan. Bahkan pengelola menambah jumlah petugas kebersihan agar bangkai bisa segera dibersihkan. 

Tampak belalang yang bergerombol saat diperhatikan memiliki tekstur tubuh yang keras  dengan ukuran lebih besar. 

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Petugas kebersihan membersihkan serangga-belalang di Masjidil Haram, Mekkah

Photo :
  • Dok Life in Saudi Arabia

Jangan heran jika melihat banyak petugas kebersihan selalu memenuhi halaman masjid bergotong royong menyapu dan mengepel halaman masjid. Sebagai upaya untuk mengurangi kawanan serangga tersebut otoritas kawasan Madinah mengurangi pencahayaan termasuk  di area Masjid Nabawi. 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

"Kami menugaskan 1.000 petugas pembersihan dan 600 lebih alat pembersih elektrik dan manual khusus untuk mengumpulkan serangga," demikian pernyataan otoritas pengelola Masjid Nabawi. 

Cara lain yang dilakukan untuk meminimalisir kawanan serangga tersebut, yakni membuka payung masjid setiap saat meskipun malam hari.
 
Biasanya gelombang serangan belalang terjadi di Arab Saudi antara Januari hingga Juni atau selama pergantian musim dingin ke panas.

Invasi belalang pernah juga terjadi di Mekah. Kompleks Masjidil Haram dipenuhi belalang dalam jumlah besar pada 2019. Tim khusus pekerja sanitasi dikerahkan untuk menangani fenomena aneh ini. Selain belalang, ada juga jangkrik hitam.

Gara-gara kejadian langka ini, tim khusus sanitasi harus melakukan fumigasi di seluruh Kota Mekah.

Dari mana serangga berasal? 

Organisasi Pangan PBB FAO sebelumnya memperingatkan tentang wabah belalang di Afrika timur laut dan Arab Saudi pada Februari 2023. Menurut FAO, hujan lebat dan topan mendorong berkembang biaknya belalang yakni sejak Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya