Erdogan Berikan Pidato Kemenangan Setelah Menang Pemilu 2023

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • Twitter/@RTErdogan

VIVA Dunia – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan resmi memenangkan pemilihan presiden Turki, dan mengalahkan lawan terberatnya Kemal Kilicdaroglu. Erdogan memenangkan pemilihan putaran kedua, pada Minggu, 28 Mei 2023. 

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Dengan 99,43 persen suara dihitung, hasil resmi awal yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK) pada hari Minggu, menunjukkan Erdogan menang dengan 52,14 persen suara. Sementara Kilicdaroglu menerima 47,86 persen suara. 

Berbicara kepada ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, Erdogan mengatakan bahwa sekaranglah waktunya untuk mengesampingkan semua perdebatan dan konflik terkait periode pemilu. Dia juga mengajak masyarakat untuk bersatu dalam tujuan dan impian nasional. 

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • alarabiya.net

“Kami bukan satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki. Pemenangnya adalah semua bagian dari masyarakat kita, demokrasi kita adalah pemenangnya,” kata Erdogan, dikutip dari CNN Internasional, Senin, 29 Mei 2023. 

Serangan Israel Tewaskan Lagi 37 Warga Palestina di Gaza, Menurut Kementerian Kesehatan

"Prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan menyembuhkan luka dari bencana gempa bumi, yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan negara tetangga Suriah."

Di lain sisi, Kilicdaroglu mengatakan dia akan terus berjuang sampai ada demokrasi sejati di Turki. 

“Ini adalah periode pemilihan yang paling tidak adil dalam sejarah kami. Kami tidak tunduk pada iklim ketakutan,” ujarnya. 

“Dalam pemilihan ini, keinginan rakyat untuk mengubah pemerintahan otoriter menjadi jelas terlepas dari semua tekanan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya