Air di Grand Kanal Venisia, Italia Berubah Hijau, Wisatawan Cemas

Grand Kanal di Italia berubah warna
Sumber :
  • DW

VIVA Dunia – Kanal utama Venice atau Venesia di Italia, berubah menjadi hijau neon pada hari Minggu 28 Mei 2023, kata departemen pemadam kebakaran Italia.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Badan perlindungan lingkungan regional ARPAV kini dengan cepat tengah mengumpulkan sampel air berwarna dengan bantuan pemadam kebakaran, tambah mereka. Para ahli sekarang sedang menyelidiki penyebab perubahan warna tersebut, menurut laporan Al Jazeera.

Departemen pemadam kebakaran Italia memposting video pada hari Minggu saat salah satu kapalnya berlayar di perairan berpendar. "Grand Canal berwarna hijau adalah apa yang ditemukan pemadam kebakaran pagi ini saat kami melakukan intervensi bersama dengan ARPAV untuk mengumpulkan sampel dan menganalisis warna abnormal ini," kata departemen itu.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

ARPAV, badan perlindungan lingkungan regional Veneto, mengatakan telah menerima sampel air yang berubah dan tengah menyelidiki untuk mengidentifikasi zat yang mengubah warnanya.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Prefek Venesia telah mengadakan pertemuan darurat pasukan polisi untuk memahami apa yang terjadi, dan mempelajari kemungkinan tindakan pencegahan, lapor kantor berita ANSA.

Insiden tersebut menggemakan episode baru-baru ini di Italia di mana kelompok aktivis lingkungan mewarnai monumen-monumen bersejarah. Namun, tidak seperti kasus sebelumnya, tidak ada kelompok aktivis yang mengaku bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Grand Canal Venesia.

Pekan lalu, aktivis lingkungan mendaki Air Mancur Trevi Roma dan menuangkan cairan hitam yang diperoleh dari arang nabati encer ke dalam airnya.

Rombongan sekitar 10 orang itu juga berdiri di dalam air mancur sambil memegang spanduk bertuliskan “Kami Tidak Akan Membayar Bahan Bakar Fosil”, merujuk pada kampanye untuk menghentikan investasi publik dan subsidi bahan bakar fosil.

Grand Kanal di Italia berubah warna

Photo :
  • DW

Pada bulan Maret, para aktivis menyemprotkan cat oranye ke dinding Palazzo Vecchio, rumah balai kota Florence, yang bertujuan untuk menyoroti perlunya memerangi krisis iklim.

Perairan Venesia pernah berubah menjadi hijau pada tahun 1968, selama pameran seni internasional Venesia La Biennale, ketika seniman Argentina Nicolas Garcia Uriburu menumpahkan natrium neon hijau terang yang tidak beracun di Grand Canal.  

Pigmen berubah menjadi hijau cerah ketika disintesis oleh mikroorganisme di dalam air sebagai bagian dari inisiatif artistik yang bertujuan untuk menarik perhatian terhadap polusi air yang memburuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya