Erdogan Kembali Menang Pemilu Turki, Presiden Jokowi: Selamat Untuk Saudaraku

Presiden Jokowi dan Presiden Turki Erdogan di KTT G-20
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA Dunia – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan ulang, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi negara itu dan data tidak resmi dari Anadolu Agency yang dikelola negara, dalam putaran kedua yang menegangkan setelah dia gagal mendapatkan lebih dari 50 persen suara yang diperlukan untuk pemilihan di babak pertama pada 14 Mei lalu.

Cek Bendungan di Gorontalo Bareng Rachmat Gobel, Jokowi: Proyeknya Selesai Akhir 2024

Dengan hampir semua suara dihitung, Erdogan menerima 52,14 persen suara di putaran kedua pada Minggu, mengalahkan penantangnya, Kemal Kilicdaroglu, yang memenangkan 47,86 persen, menurut Dewan Pemilihan Tertinggi. 

Hasilnya diharapkan akan dikonfirmasi secara resmi oleh negara dalam beberapa hari mendatang.

Jokowi Klaim Impor Jagung Turun dari 3,5 Juta Ton Jadi 450 Ribu Ton

Pemungutan suara menyegel tempat Erdogan dalam sejarah saat ia memperpanjang pemerintahannya selama 20 tahun untuk lima tahun berikutnya. Dia telah melampaui 15 tahun kepresidenan pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Merayakan kemenangan Erdogan, banyak pemimpin dunia yang mengucapkan selamat, termasuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam laman resmi Twitternya, Jokowi mengucapkan selamat dan menyampaikan bahwa kerjasama akan terus berjalan antara Turki dan Indonesia. “ "Ucapan selamat yang hangat untuk saudaraku Presiden Erdogan @RTErdogan dari Turkiye yang kembali terpilih (sebagai presiden). Siap melanjutkan dan memperkuat kemitraan strategis jangka panjang Indonesia-Turkiye untuk kepentingan rakyat kita," bunyi kicauan Jokowi di Twitter dilansir VIVA Senin, 29 Mei 2023.

Selain itu, ucapan juga dating dari presiden AS Joe Biden juga mengucapkan selamat kepada Erdogan, dan dia berharap untuk bisa bekerja sama dengan Turki sebagai sekutu NATO. 

"Selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas terpilihnya kembali (sebagai presiden Turki). Saya berharap dapat terus bekerja sama sebagai Sekutu NATO dalam masalah bilateral dan berbagi tantangan global." 

Presiden Jokowi dan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Photo :
  • Dok. Setkab

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Swedia, Jerman hingga Qatar juga turut merayakan kemenangan pria berusia 69 tahun tersebut.

Sesaat setelah perhitungan suara selesai, Erdogan muncul di luar kediamannya di Uskudar Istanbul, di mana dia bernyanyi sebelum berterima kasih kepada kerumunan yang mendukungnya. “Kami telah menyelesaikan putaran kedua pemilihan presiden dengan dukungan rakyat kami,” kata Erdogan. “Insya Allah kami akan layak atas kepercayaan Anda seperti yang telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir.”

Dia menambahkan bahwa 85 juta warga negara itu adalah "pemenang" dari dua putaran pemungutan suara pada 14 Mei dan 28 Mei.

Presiden itu juga mengatakan bahwa oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) akan meminta pertanggungjawaban kandidat Kilicdaroglu atas kinerjanya yang buruk, menambahkan bahwa jumlah kursi CHP di parlemen menurun dibandingkan dengan jajak pendapat 2017.

Dia kemudian menuju ke Ankara, di mana dia berbicara kepada para pendukung di istana presiden. Erdogan memberi selamat kepada orang banyak, dan memberi tahu mereka bahwa masalah paling mendesak yang dihadapi negara saat ini adalah inflasi, sebelum menambahkan bahwa itu bukan masalah yang sulit untuk dipecahkan.

Data resmi menunjukkan bahwa inflasi di Turki mencapai 50,5 persen pada Maret, turun dari level tertinggi 85,6 persen pada Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya