Penampakan Philadelphia AS Usai Warganya Berubah Jadi 'Zombie' Akibat Narkoba

Wabah zombie
Sumber :
  • TikTok

VIVA Dunia – Sebuah video viral baru-baru ini menunjukkan sekumpulan orang di Amerika Serikat (AS) berubah menjadi seperti zombie akibat narkotika jenis Xylazine. Video yang diunggah oleh akun TikTok @urbanvisuals2.0, pada Minggu, 28 Mei 2023, memperlihatkan banyak orang yang berjalan lunglai, hingga teler di pinggir jalan. 

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Epidemi zombie ini terjadi di lingkungan Kensington, Philadelphia, AS. Narkotika yang dikonsumsi masyarakat dengan jenis tersebut, dapat dikatakan sebagai obat mematikan. 

Melansir dari Euronews, Selasa, 30 Mei 2023, obat yang juga dikenal sebagi tranq atau tranq dope ini, bila dikombinasikan dengan heroin atau fentanil, adalah obat penenang yang digunakan pada hewan besar untuk menghilangkan rasa sakit dan relaksasi otot. Obat tersebut nyatanya tidak cocok untuk dionsumsi manusia, dalam dosis berapa pun. 

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Efek narkotika jenis Xylazine atau obat zombie.

Photo :
  • Euronews.com.

Ketika disuntikkan ke tubuh seseorang, obat itu dapat menyebabkan reaksi detak jantung lambat yang berbahaya dan luka kulit terbuka yang besar seperti bisul dan abses. 

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Dalam jangka panjang, luka-luka ini dapat menyebar ke lengan dan kaki seseorang dan pada akhirnya membusuk. Dengan adanya fenomena ini, membuat xylazine mendapat julukan sebagai obat zombie. 

Penggunaan Xylazine di pasar obat terlarang pertama kali terdeteksi di Puerto Rico pada awal 2000-an, dan sejak itu dilaporkan di Amerika Utara. Di AS, obat tersebut dianggap sebagai ancaman yang muncul, dan sekarang ada 7 persen dari kematian akibat overdosis yang disebabkan obat zombie itu. 

Obat tersebut pada nyatanya juga membuat khawatir pemerintah AS, dengan Departemen Kesehatan dan Dewan Kesehatan Philadelphia menyatakan obat tersebut sebagai ancaman nyata. 

"Xylazine telah melanda Philadelphia dengan sangat cepat, menyebabkan kematian akibat overdosis serta luka-luka parah yang dapat menyebabkan sepsis dan amputasi," pungkas Departemen Kesehatan dan Dewan Kesehatan Philadelphia dalam pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya