Ini Bahaya Narkoba Xylazine atau Tranq yang Akibatkan Epidemi 'Zombie' di AS

Efek narkotika jenis Xylazine atau obat zombie.
Sumber :
  • Euronews.com.

VIVA Dunia – Sebuah video baru-baru ini memperlihatkan sekumpulan orang yang berubah seperti zombie lantaran narkotika jenis Xylazine. Video yang diunggah pada Minggu, 28 Mei 2023 oleh akun TikTok @urbanvisuals2.0, memperlihatkan banyak orang berjalan lunglai hingga terkapar. 

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Epidemi zombie ini terjadi lantaran masyarakat mengonsumsi obat penenang hewan atau yang disebut Xylazine. Obat terlarang jenis tersebut bahkan semakin banyak ditemukan dalam pasokan obat terlarang AS dan dikaitkan dengan kematian akibat overdosis.

Xylazine yang sebenarnya tidak boleh digunakan pada manusia, dapat mengancam nyawa dan sangat berbahaya jika dikombinasikan dengan opioid seperti fentanyl. Karena dampaknya terhadap krisis opioid, campuran fentanyl dengan xylazine telah dinyatakan sebagai ancaman.

Terungkap, Polisi Sebut Chandrika Chika Sudah Setahun Lebih Pakai Ganja: Menganggapnya Hal Lumrah

Efek narkotika jenis Xylazine atau obat zombie.

Photo :
  • Euronews.com.

Kehadiran xylazine dalam obat yang diuji di laboratorium meningkat di setiap wilayah Amerika Serikat dari tahun 2020-2021, dengan peningkatan terbesar di Selatan. Studi dari wilayah tertentu menemukan peningkatan serupa. 

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Satu studi dari 10 kota di AS menunjukkan xylazine terlibat dalam kurang dari 1% kematian akibat overdosis obat pada tahun 2015 dan hampir 7% pada tahun 2020. Dalam sampel dari jarum suntik di Maryland yang diuji 2021 dan 2022, xylazine ditemukan di 80% sampel obat yang mengandung opioid. 

Panduan ini menjawab beberapa pertanyaan umum tentang xylazine, penggunaan xylazine, dan overdosis yang melibatkan xylazine. Halaman ini tidak dimaksudkan untuk memberikan nasihat medis, panduan klinis, atau protokol pengobatan.

Xylazine yang juga disebut "tranq" atau "tranq dope" adalah obat penenang hewan non-opioid. Meskipun bukan zat yang dikendalikan di Amerika Serikat, xylazine tidak disetujui untuk digunakan pada manusia dan tidak dapat dibeli tanpa izin dokter hewan.

Ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh orang yang mengonsumsi xylazine. Misalnya sulit bernafas, tekanan darah rendah yang berbahaya, detak jantung melambat, luka yang dapat terinfeksi hingga kematian

Obat-obatan terlarang seperti kokain, heroin, dan fentanyl dapat dicampur dengan xylazine, baik untuk meningkatkan efek obat atau meningkatkan nilai jalanan dengan meningkatkan berat badannya. Banyak orang yang memakai obat terlarang tidak menyadari keberadaan xylazine. 

Wabah zombie

Photo :
  • TikTok

Sementara itu, jika seseorang mengalami tanda dan gejala kemungkinan overdosis opioid atau xylazine, segera menghubungi petugas kesehatan. Overdosis adalah keadaan darurat medis. Penanggap pertama dapat menilai situasi dan memberikan pengobatan.

Langkah berikutnya adalah memberikan napas buatan. Seseorang telah melaporkan bahwa napas buatan sangat membantu bagi orang yang telah menggunakan xylazine karena menyebabkan pernapasan menjadi lambat. 

Untuk memberikan napas bantuan kepada orang dewasa, pastikan jalan napas orang tersebut bersih; letakkan satu tangan di dagu orang tersebut, memiringkan kepalanya ke belakang, dan tutup hidungnya. Tempatkan mulut di atas mulut orang tersebut dan berikan dua napas lambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya