Buat Penggunanya Jadi ‘Zombie’, Ini Efek Mengerikan Narkoba Tranq

Video Kota Zombie di Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Dunia – Jalanan di Amerika Serikat, khususnya negara bagian di Los Angeles dan New York selama tiga tahun terakhir ini menjadi semakin mengkhawatirkan karena obat penenang hewan xylazine, atau juga disebut tranq, telah menjadi bagian yang lebih besar dari pasokan narkoba di AS .

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran

Obat hewan yang disebut xylazine mendapat julukan "tranq" (singkatan dari tranquilizer) karena efek penenangnya pada manusia. Data menunjukkan bahwa dari tahun 2020 hingga 2021, overdosis terkait xylazine meningkat sebanyak 1.127% di beberapa bagian Amerika Serikat, memperjelas bahwa obat ini dengan cepat menjadi perhatian serius.

Pada awal 2023, Pemerintah AS menetapkan xylazine sebagai "ancaman" karena perannya dalam peningkatan besar-besaran overdosis dan kematian para penggunanya.

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Penampakan zombie di Philadelphia karena narkotika.

Photo :
  • TikTok

Namun apa itu sebenarnya tranq, dan apa yang perlu diketahui mengenai obat yang membuat penggunanya berubah jadi ‘zombie’ tersebut?

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Psikiater dan spesialis kecanduan David Streem, MD, menjelaskan kepada Cleveland Clinic dengan jelas bahwa Xylazine adalah obat penenang hewan tanpa penggunaan yang disetujui pada manusia. Itu berarti bahwa meskipun dokter hewan menggunakannya sebagai obat penghilang rasa sakit dan obat bius untuk sapi, domba, dan hewan lain, itu bukan obat yang pernah diresepkan atau digunakan pada manusia.

Namun baru-baru ini, para junkies mulai menggabungkan xylazine dengan fentanyl, opioid sintetik yang biasanya digunakan dalam pengaturan medis untuk mengobati rasa sakit yang parah. Fentanyl adalah bahan utama obat-obatan terlarang yang berperan dalam kematian lebih banyak orang Amerika di bawah usia 50 tahun daripada penyebab lainnya.

“Cara terbaik untuk menggambarkan xylazine adalah obat penenang yang berhubungan dengan obat-obatan yang terkadang diberikan kepada pasien yang sakit kritis di unit perawatan intensif di AS,” Dr. Streem menjelaskan. "Xylazine dan fentanyl sama-sama menenangkan, jadi orang yang mencari sensasi itu mungkin menganggap kombinasi keduanya menyenangkan."

Tapi xylazin, baik diminum sendiri atau dikombinasikan dengan obat lain, sangat berbahaya, dan seringkali mematikan.

Suntikan xylazine dapat menyebabkan luka kulit, lesi dan borok yang mudah terinfeksi, yang dapat menyebabkan kulit di area tersebut mati dan membusuk. Kondisi ini disebut nekrosis, dan seringkali membutuhkan amputasi, atau pembedahan untuk mengangkat anggota tubuh yang terdapat jaringan yang membusuk.

“Injeksi Xylazine meningkatkan risiko nekrosis. Meskipun hal itu biasa terjadi dengan obat lain yang disuntikkan, kami melihatnya lebih sering terjadi dengan xylazine” kata Dr. Streem. "Kami masih mencoba mencari tahu mengapa, tetapi sejauh ini ada banyak hubungan antara xylazine dan infeksi daging yang mengerikan ini."

Efek samping lain dari xylazine mungkin termasuk:

Penglihatan kabur.

Koma.

Pupil menyempit (miosis).

Disorientasi.

Kantuk.

Gula darah tinggi (hiperglikemia).

Tekanan darah rendah (hipotensi).

Detak jantung rendah (bradikardia).

Pernapasan dangkal (hipoventilasi).

Mengejutkan.

Dr. Streem, yang berbasis di Cleveland, Ohio, mengatakan kematian akibat xylazine sekarang terdaftar dalam laporan koroner lokal, sebuah indikator bahwa overdosis yang diinduksi xylazine sedang (atau akan segera) meningkat di seluruh AS.

Wabah zombie

Photo :
  • TikTok

“Secara historis, Ohio secara umum, dan khususnya Cleveland dan LA berada, telah menjadi semacam pemimpin tren obat-obatan,” catatnya. "Kami harus memperingatkan apa yang akan terjadi."

Apa yang harus dilakukan jika terjadi overdosis tranq

Pada awal tahun 2023, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyetujui penggunaan Narcan (nalokson) yang dijual bebas, obat yang dapat membalikkan efek overdosis opioid jika diberikan dalam beberapa menit.

Tapi Narcan tidak akan membantu membalikkan efek tranq.

Efek samping narkotika zombie.

Photo :
  • New York Post

“Narcan secara langsung mengeluarkan opiat dari reseptor opiat tubuh sehingga obat tersebut tidak dapat memberikan efeknya,” Dr. Streem menjelaskan, “tetapi karena xylazine bukan opioid, ia tidak berikatan dengan reseptor opiat tubuh, yang berarti Narcan tidak akan bekerja.”

Jika orang tersebut telah mengambil potongan xylazine dengan fentanyl, Narcan dapat membantu membalikkan efek opioid sementara mereka menunggu perawatan darurat untuk overdosis xylazine. Jika ternyata mereka hanya overdosis pada xylazine (tidak dikombinasikan dengan fentanyl), Narcan tidak akan efektif, tetapi juga tidak akan menyebabkan kerusakan tambahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya