Masjid Akan Digusur, Muslim Hui di China Bentrok dengan Polisi

Muslim Hui di China
Sumber :
  • Al Jazeera

VIVA Dunia – China mengerahkan ratusan polisi dan melakukan penangkapan di kota Nagu di provinsi Yunnan yang sebagian besar dihuni oleh Muslim di barat daya, setelah bentrokan meletus pekan lalu atas rencana penghancuran sebagian masjid Najiaying.

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

Pengadilan pada tahun 2020 dilaporkan memerintahkan penghancuran kubah masjid dan empat menara setelah mengetahui bahwa itu dibangun tanpa izin resmi. Daerah itu adalah rumah bagi warga Hui yang cukup besar, kelompok etnis mayoritas Muslim yang mendapat tekanan dalam menghadapi tindakan keras yang luas.

Masjid di China

Photo :
  • DW
Dave Laksono: Bentrok TNI AL vs Brimob Polda Papua Barat Harus Diselidiki Sampai Tuntas

Pada hari Sabtu pekan lalu, puluhan petugas yang memegang pentungan dan perisai anti huru hara menghalau massa di luar masjid yang melemparkan benda ke arah mereka, menurut video yang beredar di media sosial. Seorang pengunjuk rasa meninju helm seorang polisi tetapi hanya sedikit kekerasan yang terlihat. Video yang menunjukkan protes telah dihapus dari media sosial Tiongkok.

Sebuah pemberitahuan yang dikeluarkan hari Minggu oleh pemerintah setempat mengatakan telah membuka penyelidikan atas "kasus yang sangat mengganggu manajemen dan ketertiban sosial."

Soal Bentrok TNI AL dengan Brimob di Pelabuhan Sorong, Kapolri: Sudah Berangkulan

Pemberitahuan itu memerintahkan mereka yang terlibat untuk "segera menghentikan semua tindakan ilegal dan kriminal," dan pihak pemerintah bersumpah untuk "menghukum berat" siapa pun yang menolak menyerahkan diri. Mereka yang secara sukarela menyerah sebelum 6 Juni akan diperlakukan dengan keringanan hukuman, tambah pemberitahuan itu.

Polisi telah melakukan penangkapan dalam jumlah yang tidak ditentukan atas insiden tersebut dan beberapa ratus petugas tetap berada di kota tersebut pada hari Senin, kata para saksi.

Muslim Hui di China

Photo :
  • Al Jazeera

China telah berusaha untuk memberlakukan kontrol yang lebih ketat atas komunitas agama sejak Presiden Xi Jinping berkuasa satu dekade lalu. Dalam tindakan kerasnya terhadap Muslim, Beijing mengklaim sedang bekerja untuk memerangi terorisme dan pemikiran ekstremis.

Di tempat lain, pemerintah Xi telah menghancurkan masjid atau memindahkan kubah, menara, dan fitur khas Muslim lainnya untuk mengubahnya menjadi bangunan bergaya China yang tidak mencolok.

Diperkirakan satu juta orang Uighur, Hui, dan minoritas lainnya telah ditahan di wilayah Xinjiang barat sejak 2017 di bawah kampanye pemerintah yang oleh AS dan kelompok hak asasi manusia disebut sebagai genosida.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya