Banyak Kematian di Pendakian Gunung Everest, Ahli Salahkan Perubahan Cuaca

Gunung Everest.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Perubahan iklim menjadi penyebab hingga 17 kematian di Gunung Everest, kata para ahli. Kepala pariwisata Nepal mengatakan cuaca yang berubah-ubah di gunung itu telah menyebabkan tahun ini menjadi salah satu tahun paling mematikan dalam sejarah.

Polisi Ungkap Hasil Penyelidikan Kematian Park Bo Ram, Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Kamar Mandi

Para ahli mengatakan ini kemungkinan akan menjadi salah satu tahun paling mematikan yang pernah tercatat di Gunung Everest, dengan cuaca bervariasi yang disebabkan oleh perubahan iklim, menjadi salah satu alasan utama kematian hingga 17 orang.

Sebanyak 12 orang kini telah dipastikan tewas selama ekspedisi Everest musim ini dan lima lainnya hilang, diduga tewas, karena tidak ada kontak yang dilakukan setidaknya selama lima hari dalam semua kasus, menurut Database Himalaya, yang melacak korban jiwa gunung.

Deretan 5 Negara yang Tak Pernah Dijajah dalam Sejarah

ilustrasi kematian

Photo :
  • U-Report

Angka tersebut dikonfirmasi oleh Yuba Raj Khatiwada, direktur departemen pariwisata Nepal. “Secara keseluruhan tahun ini kami kehilangan 17 orang di gunung musim ini,” katanya, melansir The Guardian.

Malnutrisi Sebabkan Kematian Pada Anak-Anak di Gaza

“Penyebab utamanya adalah perubahan cuaca. Musim ini kondisi cuaca tidak mendukung, sangat bervariasi. Perubahan iklim berdampak besar di pegunungan.”

Itu akan menjadikan tahun ini salah satu yang terburuk dalam catatan kematian di Everest, yang hanya dapat ditandingi oleh peristiwa tahun 2014 ketika 17 orang meninggal. Kebanyakan dari mereka adalah sherpa lokal yang tewas dalam longsoran salju.

Rata-rata, antara lima dan 10 orang meninggal di Everest setiap tahun, tetapi beberapa tahun terakhir telah terjadi lonjakan. Di antara mereka yang kehilangan nyawa saat mendaki Everest tahun ini adalah Jason Kennison, seorang mekanik berusia 40 tahun dari Australia. 

Kennison telah mengatasi cedera tulang belakang saat mendaki ke puncak, tetapi tidak dapat turun kembali. Kemudian ada seorang dokter Kanada, Pieter Swart, dan tiga Sherpa Nepal yang meninggal dalam longsoran salju di bulan April.

Mereka yang masih hilang termasuk pendaki solo Hongaria Suhajda Szilárd, yang mendaki gunung tanpa pemandu sherpa atau oksigen tambahan, dan seorang pendaki India-Singapura yang dikhawatirkan terjatuh dari gunung.

Tahun ini lebih mematikan daripada tahun 2019, ketika gambar-gambar kepadatan penduduk dan "pembantaian" di Everest menjadi viral. Ratusan pendaki menunggu hingga 12 jam untuk mendaki gunung, dan melaporkan bahwa orang-orang terpaksa memanjat tubuh, dan melumpuhkan pendaki. Sebanyak 11 orang meninggal tahun itu.

Pemerintah Nepal dikritik karena mengeluarkan 479 izin tahun ini, jumlah tertinggi yang pernah ada. Dengan masing-masing seharga £12.000 atau Rp220 juta. Pendakian adalah penghasil pendapatan utama bagi negara kecil yang kekurangan uang, dan pemerintah enggan untuk mengurangi jumlahnya.

Khatiwada membantah jumlahnya terlalu banyak, mengatakan angkanya tinggi tahun ini karena jendela pendakian dibuka lebih awal dan musim lebih panjang dari biasanya, sehingga tidak ada kepadatan.

Jumlah korban tewas yang meningkat terjadi saat peringatan 70 tahun pendakian pertama bersejarah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay ke puncak Everest dirayakan pada hari Senin. Ini menandai dimulainya obsesi global di kalangan pendaki gunung untuk mendaki puncak tertinggi dunia, dengan lebih dari 10.000 pendakian sejak itu dan permintaan izin pendakian meningkat setiap tahun.

Ang Norbu Sherpa, presiden Asosiasi Pemandu Gunung Nasional Nepal, mengatakan "terlalu banyak" izin yang dikeluarkan dan hal itu memberikan tekanan lingkungan pada gunung tersebut.

“Pola pendakiannya sudah berubah, dulunya pendaki yang tangguh tapi sekarang banyak pendaki pemula yang ingin mencapai puncak Everest,” kata Sherpa.

Para ahli dan pendaki terkenal telah memperingatkan bahwa Everest, yang memiliki ketinggian 8.848 meter, sekarang dipandang sebagai "tujuan wisata" dan taman bermain bagi orang kaya yang mencari sensasi, bahkan mereka yang memiliki sedikit pengalaman mendaki di ketinggian, yang bersedia membayar lebih. dari £ 48.000 untuk dipandu ke puncak.

Alan Arnette, seorang pendaki gunung yang mendaki Everest pada tahun 2011 dan sekarang sering menulis tentang persyaratan, mengatakan bahwa tahun ini adalah "kekacauan". “Akar penyebab tingginya angka kematian terletak pada klien yang tidak berpengalaman yang memaksakan diri terlalu keras dan tidak segera kembali,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya