Jepang Perluas Ekspor ke Negara-negara Berkembang untuk Lawan Dominasi China dan Rusia

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida
Sumber :
  • Kyodo News via AP

VIVA Dunia – Pemerintah Jepang, pada Kamis1 Juni 2023, memutuskan untuk meningkatkan dukungan infrastruktur untuk negara-negara berkembang, yang disebut sebagai "Global Selatan" (Global South), dalam upaya untuk mengekang ketergantungan mereka pada China dan Rusia untuk bahan komponen penting untuk baterai dan panel surya.

Dalam memperbarui strateginya untuk memperluas ekspor infrastruktur, Pemerintah Jepang juga menahan diri untuk menyebutkan kerja sama ekonomi dengan Rusia selama dua tahun berturut-turut, karena Moskow telah berperang dengan Ukraina sejak Februari 2022.

Pada konferensi tingkat tinggi (KTT) G-7 yang berakhir pada 21 Mei di Hiroshima, para pemimpin dari negara-negara maju sepakat untuk membentuk kerangka kerja pada akhir tahun ini untuk memperkuat rantai pasokan produk terkait energi terbarukan untuk negara berkembang.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Ilustrasi G7.

Photo :
  • Istimewa.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Dalam strateginya yang telah direvisi, pemerintahan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjanji untuk mempercepat dukungan di Global Selatan untuk pembangunan infrastruktur, termasuk basis manufaktur dan jaringan transportasi, serta penggunaan hidrogen dan amonia.
Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang


Jepang, sementara itu, telah membatalkan rencana untuk mempererat kerja sama ekonomi dengan Rusia dalam bidang seperti pengembangan pelabuhan, perawatan medis, dan energi terbarukan, yang disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe saat itu dalam pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun 2016.

Pemerintah menetapkan target dalam strategi tahun 2020 untuk meningkatkan nilai pesanan infrastruktur bagi perusahaan Jepang menjadi 34 triliun yen (sekitar Rp3.600 triliun) pada tahun 2025. Nilai tersebut mencapai 24,4 triliun yen (sekitar Rp2.600 triliun) pada tahun 2020. (Ant/Antara)
Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020).

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Seringkali, negara di Asia mengalami fluktuasi yang signifikan dalam berbagai indikator kunci seperti pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan stabilitas politik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024