Arab Saudi Bersiap Gelar Operasional Haji Terbesar Dalam Sejarah

Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA Dunia – Arab Saudi telah meluncurkan rencana operasional haji terbesar yang pernah ada menjelang musim haji yang akan datang, karena pembatasan jumlah dicabut untuk pertama kalinya sejak merebaknya pandemi COVID-19.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Sebanyak 14.000 anggota staf, yang mana memecahkan rekor, telah dipersiapkan. Serta lebih dari 8.000 sukarelawan akan dikerahkan di lapangan untuk membantu jutaan jemaah yang diharapkan ikut serta dalam haji tahun ini.

Haji, ibadah tahunan ke kota suci Mekkah di Arab Saudi yang didatangi oleh umat muslim di seluruh dunia, diperkirakan akan dimulai pada 26 Juni, sambil menunggu pengumuman resmi oleh pihak berwenang.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Umat

Photo :
  • 1260913

“Rencana operasional musim haji tahun ini merupakan yang terbesar dalam sejarah kepresidenan, setelah berakhirnya pandemi corona dan pengumuman kepulangan jutaan jemaah haji, sesuai sistem pelayanan terpadu yang disiapkan para arif kepemimpinan,” Presiden Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Dr. Abdulrahman al-Sudais mengatakan dalam sebuah pernyataan, melansir Al Arabiya.

Ternyata Ini Alasan Rumy Al Qahtani Ikut Miss Universe 2024 Wakili Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi telah mencabut pembatasan jumlah jemaah haji yang diizinkan untuk melakukan haji untuk pertama kalinya sejak pandemi virus Corona dimulai. Sekitar 2,6 juta orang diperkirakan akan mengambil bagian dalam ritual sakral umat Islam tahun ini.

Sebanyak 300.000 eksemplar kitab suci Al Quran juga akan didistribusikan di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, menurut al-Sudais. Layanan dan panduan terjemahan akan tersedia di seluruh situs dalam 51 bahasa untuk melayani jutaan orang yang datang dari seluruh dunia.

Workshop hafalan surah-surah dan hafalan Al Quran juga akan diadakan.

Kabah,

Photo :
  • 644064

Kepresidenan Umum juga akan mendistribusikan 40 juta liter air Zamzam di Dua Masjid Suci melalui lebih dari 30.000 titik distribusi, menyediakan setidaknya dua juta botol untuk jamaah setiap hari.

Teknologi digital termasuk aplikasi seluler dan robot di lokasi akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman jamaah secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya