Putin Telepon Pangeran MBS Setelah Menlu AS Kunjungi Riyadh

Vladimir Putin dan Pangeran Saudi MBS saat bertemu di G20 Osaka, Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

MoskowPutra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima panggilan telepon dari Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Rabu, 7 Juni 2023. Panggilan telepon tersebut, terjadi setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) kunjungi Riyadh untuk bertemu Pangeran MBS di hari yang sama. 

Viral Atap Masjid Universitas Raja Fahd di Arab Saudi Roboh Gegara Hujan Deras

Dalam panggilan tersebut, mereka membahas hubungan kedua negara dan cara mengembangkan kerja sama di berbagai bidang. Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang sejumlah masalah dan hal-hal yang menjadi perhatian bersama. 

"Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman al Saud melakukan panggilan telepon, membahas kerja sama dalam OPEC+," kata kantor pers Kremlin, dikutip dari kantor berita Rusia, Tass, Kamis, 8 Juni 2023. 

Arab Saudi Dilanda Banjir Bandang, Jalan hingga Sekolah Ditutup

Presiden

Photo :
  • 1459416

"Kedua belah pihak memuji tingkat kerja sama dalam OPEC+, yang memungkinkan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat waktu dan efisien untuk mempertahankan keseimbangan permintaan dan pasokan minyak," tambah kantor pers Kremlin itu. 

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

"Kedua belah pihak mencatat pentingnya kesepakatan dalam hal ini, yang dicapai selama pertemuan tingkat menteri baru-baru ini di Riyadh." 

Kedua pemimpin juga menyinggung topik peningkatan hubungan perdagangan dan ekonomi antara Rusia dan Arab Saudi, serta implementasi proyek bersama dalam investasi, logistik transportasi, dan energi.

"Selain itu, kedua belah pihak secara substansial meninjau kembali masalah dan memastikan stabilitas di pasar energi global," tulis kantor pers tersebut. 

Kedua pemimpin juga membahas berbagai aspek kerja sama Rusia-Saudi dalam organisasi multilateral lainnya dan sepakat untuk melanjutkan kontak di berbagai tingkatan. 

Sebagai informasi, terakhir kali, Putin dan Putra Mahkota Saudi melakukan panggilan telepon pada 21 April 2023 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya