Ini Alasan Israel Akui Bom Nuklir Iran Lebih Hebat dari Buatan AS

VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran
Sumber :
  • Edarabia

Tehran, Iran – Ahli senjata Israel dan Amerika Serikat mengatakan Bom GBU -57 milik AS bakal kesulitan menembus pabrik bom Nuklir milik Iran. Bahkan Israel mengakui kehebatan Iran dengan daya ledak bom Iran.

Toyota Hilux dan Isuzu D-Max Bakal Dapat Saingan Pikap Baru

“Iran memiliki bahan fisil yang cukup untuk membuat tujuh bom atom dalam tiga bulan,” tulis Ya seperti dikutip Rai Al-Youm, Jumat, 9 Juni 2023.

VIVA

Photo :
  • 654063
Siasat Licik Israel Sabotase Iran Dibongkar Media Amerika

Pakar nuklir Amerika, David Albright, mengatakan kepada majalah Inggris The Economist bahwa citra satelit menunjukkan penggalian terowongan di pegunungan dekat situs nuklir Natanz di Iran tengah.

Diperkirakan kedalaman antara 80 dan 100 meter di bawah tanah sehingga menyulitkan misi bom GBU -57, senjata utama tentara AS untuk menghancurkan bunker bawah tanah hingga kedalaman 60 meter.

Polisi Israel Serang Sejumlah Orang yang Ingin Salat Id di Masjid Al-Aqsa

Albright percaya bahwa Teheran dapat memperkaya uranium hingga 90% dari yang dibutuhkan untuk menghasilkan senjata nuklir dalam waktu 12 tahun, hanya sehari. Untuk melakukan ini, hanya diperlukan tiga set sentrifugal canggih beruntun dan setengah dari persediaan uranium yang diperkaya hingga 60%, yang ada sekarang.

Selain itu, menurut perkiraan, Iran dapat memperkaya cadangan uraniumnya hingga tingkat 90% untuk menghasilkan empat bom nuklir dalam sebulan, dan dalam dua bulan berikutnya, menggunakan uranium yang diperkaya rendah untuk mendapatkan bahan untuk dua bom lagi.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan persediaan uranium yang diperkaya Iran telah mencapai 2.105kg. Iran berulang kali mengklaim program nuklirnya dijalankan untuk tujuan damai.

Iran diketahui memproduksi uranium yang diperkaya melebihi tingkat yang diizinkan- meskipun masih pada tingkat pengayaan, dan kadarnya masih jauh di bawah yang diperlukan untuk membuat senjata nuklir.

Langkah itu diambil Iran sebagai bentuk pembalasan terhadap sanksi AS yang kembali diterapkan Presiden Donald Trump ketika dia membatalkan kesepakatan.

VIVA

Photo :
  • 1309218

Untuk membuat senjata nuklir, Iran perlu memproduksi 1.050kg dari 3,67% uranium yang diperkaya, kemudian perlu memperkaya lebih lanjut hingga 90% atau lebih, menurut kelompok advokasi yang berbasis di AS, Arms Control Association.

Cadangan uranium tingkat rendah Iran dibatasi hingga 300 kg dalam kesepakatan yang berlangsung untuk 15 tahun.

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu Perjanjian nuklir internasional sebelumnya menetapkan batas 300 kg uranium yang diperkaya dalam bentuk senyawa tertentu (UF6), yang setara dengan 202,8 kg uranium.

Uranium yang diperkaya kadar rendah (low-enriched uranium) - memiliki konsentrasi antara 3% dan 5% U-235 - dapat digunakan untuk menghasilkan bahan bakar untuk pembangkit listrik. Uranium untuk senjata harus diperkaya 90% atau lebih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya