Bercanda Soal Jatuhnya Pesawat MH370, Malaysia Buru Komedian Singapura

Ilustrasi Malaysia Airlines Penerbangan MH370
Sumber :
  • Netflix

Kuala Lumpur – Malaysia meminta bantuan Interpol untuk melacak seorang komedian yang berbasis di New York, yang bercanda tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Jocelyn Chia, seorang warga negara Amerika Serikat (AS), dan besar di Singapura, sedang diselidiki berdasarkan undang-undang Malaysia tentang penghasutan dan konten online yang menyinggung, kata polisi. 

Melansir dari BBC Internasional, Selasa, 14 Juni 2023, leluconnya mengenai MH370 diposting secara online pada minggu lalu, dan memicu protes resmi dari Malaysia dan permintaan maaf dari Singapura. 

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Interpol (ilustrasi)

Photo :
  • interpol.int

MH370 diketahui hilang setelah lepas landas dari Kuala Lumpur pada Maret 2014. Meskipun telah dilakukan pencarian selama empat tahun di Samudra Hindia, badan utama pesawat itu tidak pernah ditemukan, dan 239 orang di dalamnya dianggap tewas. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pada hari Selasa, kepala polisi nasional Malaysia Acryl Sani Abdullah Sani mengatakan, aplikasi akan diajukan ke Interpol pada hari Rabu, 15 Juni 2023 untuk mendapatkan identitas lengkap dan lokasi terbaru Chia. Interpol belum secara terbuka menanggapi kasus tersebut, dan tidak jelas apakah Malaysia memiliki kekuatan yurisdiksi untuk meminta informasi tersebut. 

Interpol dapat mengeluarkan Red Notice, meminta penegak hukum di negara-negara anggota untuk mencari, dan menangkap seseorang yang menghadapi tuntutan pidana atau hukuman penjara sebelum mereka diekstradisi.  Malaysia dan AS memiliki perjanjian ekstradisi, namun pihak berwenang Malaysia belum mengindikasikan bahwa mereka berniat untuk menuntut Chia. Ruang lingkup penyelidikan mereka juga tidak jelas. 

Perselisihan dimulai setelah Chia memposting klip stand-up set baru-baru ini di venue Comedy Cellar Manhattan. Klip itu termasuk rutinitas tentang persaingan bersejarah antara Singapura dan Malaysia, yang pernah menjadi bagian dari negara yang sama. 

"Memperhatikan bahwa Singapura telah bangkit menjadi negara dunia pertama, sementara Malaysia tetap menjadi negara berkembang," kata Chia yang melontarkan guyonan. Dia juga bercanda bahwa pesawat Malaysia tidak bisa terbang.

“Malaysian Airlines hilang tidak lucu ya? Beberapa lelucon tidak masuk akal."

Video yang menimbulkan kegemparan di Malaysia itu telah dihapus oleh TikTok karena dianggap melanggar pedoman ujaran kebencian. 

Duta Besar Singapura untuk Malaysia mengatakan Chia tidak berbicara atas nama warga Singapura. Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, juga mengutuk pernyataannya yang menghebohkan itu. 

Pada hari Minggu, Chia mengatakan kepada CNN bahwa dia telah melakukan rutinitas stand up comedy lebih dari 100 kali tanpa masalah. Dia juga membela lelucon itu, dan menyatakan klip yang beredar diambil di luar konteks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya