Hadir di Persidangan, Donald Trump Sempat Full Senyum

Donald Trump tersenyum saat hadir di pengadilam Miami
Sumber :
  • Hollywood Life

Miami, Amerika Serikat – Donald Trump mengajukan pembelaan tidak bersalah atas 37 dakwaan kriminal di gedung pengadilan federal Selatan Miami pada hari Selasa.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Setelah itu, saat hadir, mantan presiden AS tersebut sempat tersenyum dengan lebar dan tampak lebih bahagia dibanding terakhir kali ia hadir di pengadilan, meski mengukir sejarah sebagai presiden (atau mantan presiden) AS pertama yang menghadapi dakwaan pidana setelah meninggalkan jabatannya, dilansir dari laman NPR, Rabu, 14 Juni 2023.

Trump bersama putranya Eric Trump menemani di sisinya untuk hari itu, serta asistennya yang setia, Walt Nauta. Sang istri, Melanie Trump tidak terlihat dan bahkan telah beberapa bulan menghilang dari peredaran publik.

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Donald Trump tersenyum saat hadir di pengadilam Miami

Photo :
  • Hollywood Life

Lalu lintas jalanan Miami ditutup saat dia melakukan perjalanan ke gedung pengadilan dari country club-nya di Doral, dan Trump meluangkan waktu untuk memposting ke media sosial. "Dalam perjalanan ke gedung pengadilan. Whitch hunter," tulisnya menyindir dalam salah satu postingan di Social Truth.

Saksi Sebut Uang Rp 3 Juta Perhari untuk Rumah Dinas SYL: Pesan GrabFood Hingga Biaya Laundry

Dia kemudian memposting lagi: "Salah satu hari paling menyedihkan dalam sejarah negara kita."

Trump memasuki gedung pengadilan melalui garasi parkir bawah tanah.

Begitu tiba, sidik jarinya kemudian diambil secara digital, dan dia mengisi formulir penangkapan US Marshal Service dengan banyak pertanyaan mengganggu tentang kesehatan mental dan fisiknya. Trump tidak harus mengambil mugshot atau foto penangkapan, jadi setelah itu, dia langsung menuju ke pengadilan.

Dia mengajukan pembelaannya dan dibebaskan oleh hakim, yang memutuskan bahwa dia tidak akan berisiko melarikan diri dari AS. Trump kemudian keluar dari gedung pengadilan, tempat pendukung dan tentu para pembencinya terlibat dalam protes namun damai sepanjang hari.

Dia membuat satu pitstop di restoran Kuba terdekat, di mana dia berjabat tangan dengan beberapa pendukungnya sebelum menaiki jet mewahnya dan menuju ke New Jersey untuk acara penggalangan dana.

Trump sekarang akan dapat melanjutkan kampanye kepresidenannya, tetapi mungkin akan segera menemukan dirinya kembali ke pengadilan di negara bagian lain, dengan dakwaan yang diharapkan di Georgia juga dalam beberapa minggu mendatang.

Trump hadir di sidang yang dimulai pada jam 3 sore (waktu AS), di Wilkie D. Ferguson, Jr. Gedung Pengadilan AS di Miami untuk tuduhan yang mencakup penyimpanan informasi pertahanan nasional yang disengaja. Dia menghadapi hukuman maksimal 400 tahun penjara jika terbukti bersalah atas semua tuduhan.

Penasihat Khusus Jack Smith menuduh calon presiden dari Partai Republik 2024 itu membawa ratusan dokumen rahasia bersamanya setelah meninggalkan kantor pada Januari 2021 dan menyimpannya secara sembarangan di berbagai ruangan di mansion mewah Mar-a-Lago miliknya, termasuk di kamar mandi, ballroom, kamar tidur dan kamar mandi.

VIVA Militer: Presiden AS, Donald Trump

Photo :
  • Time Magazine

Trump juga diduga berusaha menghalangi upaya pemerintah untuk memulihkan dokumen, termasuk dengan mengarahkan asisten pribadinya Walt Nauta, yang juga didakwa, untuk memindahkan kotak untuk menyembunyikannya dari pengacaranya. Donald Trump dengan keras membantah semua tuduhan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya