Pecahkan Rekor, Beijing Dilanda Panas Hingga 40 Derajat Celcius

Ilustrasi cuaca panas.
Sumber :
  • U-Report

Beijing – Sebuah stasiun cuaca di Beijing mencatat suhu di negara itu mencapai 40,7 derajat celsius, pada pukul 14:30 waktu setempat. Suhu ini merupakan yang tertinggi sejak rekor panas pada 2014 hanya mencapai 40 derajat celsius. 

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Melansir dari Hindustan Times, pada Kamis, 22 Juni 2023, hari ini juga merupakan hari terpanas di Beijing sejak pencatatan meteorologi modern dimulai. 

Pada Kamis pagi, kota berpenduduk hampir 22 juta orang itu mengeluarkan peringatan oranye, peringatan cuaca tertinggi kedua, yang mengatakan bahwa suhu dapat naik setinggi 39 derajat celsius di sebagian besar kota dari Kamis hingga Sabtu, 24 Juni 2023. 

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • Pixabay

Beijing, Tianjin, Hebei dan Shandong di China utara dan timur dilanda gelombang panas minggu lalu, dan mendorong pemerintah setempat untuk meningkatkan upaya untuk melindungi tanaman, memastikan keselamatan wisatawan, dan menangguhkan pekerjaan di luar ruangan selama bagian terpanas hari itu. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Pekan lalu, biro cuaca nasional mengeluarkan peringatan untuk serangan panas, hampir dua minggu lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya, karena rekor suhu baru untuk bulan Juni menyerang kota-kota di seluruh China utara. 

Di kota pelabuhan Tianjin, permintaan AC juga meningkat mendorong beban jaringan listriknya menjadi 14,54 juta kilowatt pada 15 Juni. Angka ini naik 23 persen dari tahun sebelumnya, dan mendorong departemen utilitas lokal untuk mengirim pekerja untuk berpatroli di terowongan bawah tanah setiap hari untuk memastikan kabel listrik berfungsi dengan baik. 

"Putaran gelombang panas terbaru, bertepatan dengan Festival Perahu Naga akhir pekan panjang di China, juga akan melanda wilayah China utara Mongolia Dalam dan Xinjiang di ujung barat," menurut Administrasi Meteorologi China. 

China memiliki sistem peringatan cuaca berkode warna empat tingkat, dengan warna merah yang paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru. 

Peringatan oranye dikeluarkan ketika suhu maksimum melebihi 40 derajat celcius dalam satu hari, atau suhu maksimum tetap di atas 37 derajat celcius selama dua hari berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya