Setelah 20 Tahun Tak Ada, Malaria Kembali Menyerang AS

Hari Malaria Sedunia
Sumber :

Amerika Serikat – Malaria, penyakit yang berpotensi mematikan yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan oleh nyamuk, sedang menyerang Amerika Serikat.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Tiga kasus baru malaria, satu di Texas dan dua di Florida, mengkhawatirkan para pejabat negara, karena mereka didapat secara lokal, yang berarti ada nyamuk di AS membawa parasit tersebut.

Kasus malaria belum pernah terjadi lagi sejak 2003 di Palm Beach County, Florida, menurut Pusat Penyakit dan Pencegahan. Hampir semua kasus malaria yang kini tengah terjadi di AS berasal dari orang-orang yang bepergian ke luar negeri, tempat mereka terpapar nyamuk pembawa penyakit.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Nyamuk Anopheles betina penyebab malaria

Photo :
  • Times of India

Namun ketiga kasus baru ini, terlihat pada orang yang tidak bepergian ke luar negeri, menimbulkan kekhawatiran bahwa nyamuk lokal dapat menyebarkan penyakit tersebut ke orang lain.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

“Selalu mengkhawatirkan bahwa Anda memiliki transmisi lokal di suatu daerah,” kata Estelle Martin, ahli entomologi di University of Florida yang meneliti penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, melansir New York Post.

Malaria menyebar ketika seseorang yang membawa parasit tersebut digigit oleh nyamuk. Parasit berkembang di dalam nyamuk, yang kemudian menggigit orang lain, atau beberapa orang lainnya.

Tetapi orang dengan parasit dalam darahnya tidak selalu memiliki gejala, sehingga penyakit mudah menyebar ketika orang tanpa gejala digigit.

Gejala malaria termasuk demam, gemetar, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, mual, muntah, diare dan kelelahan.  Jika tidak segera diobati, infeksi dapat menyebabkan penyakit kuning, anemia, gagal ginjal, kejang, kebingungan mental, koma, dan kematian.

Malaria dapat diobati jika didiagnosis cukup dini dan vaksin sekarang tersedia.

Kasus-kasus baru ini menunjukkan bagaimana pemanasan iklim dapat meningkatkan risiko penyakit yang dibawa oleh nyamuk, kutu, atau serangga lainnya (dikenal sebagai vektor). Perubahan iklim “pasti memainkan peran dalam penyakit yang ditularkan melalui vektor” di seluruh AS, tambah Martin.

Nyamuk yang terinfeksi malaria ditemukan di daerah rawa di Kabupaten Sarasota, di mana salah satu kasus Florida terjadi. Pejabat setempat kemudian menggunakan insektisida yang membunuh nyamuk dewasa dan remaja. "Kami dapat memastikan populasi nyamuk di daerah itu sangat rendah," tulis Wade Brennan, manajer nyamuk Sarasota County.

Hari Malaria Sedunia

Photo :

Tiga kasus baru-baru ini juga bisa disebabkan oleh seorang pelancong ke negara lain yang membawa penyakit itu kembali ke AS, di mana mereka digigit nyamuk yang kemudian menggigit salah satu individu lokal.

"Kami tahu secara umum bahwa iklim dapat menjadi salah satu dari banyak faktor yang dapat memengaruhi penyakit yang ditularkan melalui vektor," tulis juru bicara CDC tetapi migrasi mungkin menjadi penyebab yang lebih besar.

“Saat ini, perjalanan dan perdagangan global memungkinkan penyakit yang ditularkan melalui vektor dipindahkan ke seluruh dunia dan ditularkan oleh nyamuk atau kutu lokal,” jelas juru bicara tersebut, “terutama di tempat-tempat di mana penyakit tersebut mungkin dulunya umum.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya