Peringatan Hari Kemerdekaan AS, Luhut Puji Kerja Sama Indonesia dan Washington

Luhut Binsar Panjaitan
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) resmi menggelar resepsi acara Kemerdekaan Amerika Serikat, pada Selasa, 27 Juni 2023. Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Panjaitan ikut menghadiri acara itu. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dalam pidatonya, Luhut menyampaikan beberapa hal terkait kerja sama Indonesia dengan AS, seperti di bidang ekonomi, pendidikan, kemaritiman, dan lainnya. 

"Kerja sama ekonomi adalah fondasi utama dari hubungan kita (Indonesia dan AS). Perdagangan antara Indonesia dan AS telah mencapai titik tertinggi, dan kami bertujuan untuk memperluas hubungan ekonomi," ujar Luhut dalam sambutannya. 

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Luhut Pidato di Acara Peringatan Hari Kemerdekaan AS

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong

"Hubungan antar masyarakat kita juga terus berkembang, di bidang pendidikan, pariwisata, serta kontribusi terhadap konservasi dan budaya," lanjutnya. 

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Sementara itu, Luhut juga menyinggung masa kerja Duta Besar AS, Sung Y. Kim, yang akan habis pada tahun ini. Menurutnya, Dubes AS itu terkenal dengan kebaikannya, dia juga merasa cukup sedih saat mengetahui bahwa masa jabatan Kim habis pada tahun ini. 

"Saya mendengar bahwa anda (Dubes AS) akan mengakhiri masa jabatan anda di Indonesia. Anda adalah orang yang sangat baik, sahabat Indonesia. Saya akan mengatakan dengan jujur bahwa kami menikmati percakapan, negosiasi, atau bertukar informasi dengan Duta Besar selama masa jabatan anda di Indonesia." 

Dalam kesempatan yang sama, Luhut menyampaikan selamat kepada pemerintah Amerika Serikat dan rakyatnya, yang akan menikmati Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli 2023 mendatang. 

"Sekali lagi selamat kepada pemerintah dan rakyat Amerika Serikat. Saya mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan pada anda semua,”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya