Ini 3 Tokoh Kunci dalam Kudeta Wagner Group di Rusia

VIVA Militer: Bos tentara bayaran PMC Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin
Sumber :
  • telegraph.co.uk

Moskow – Group Wagner pertama kali muncul di Ukraina pada tahun 2014, ketika tentara berseragam tak bertanda muncul untuk membantu pasukan pro-Rusia secara ilegal mencaplok wilayah untuk Rusia.

Putin Akan Kunjungi China dan Bertemu Xi Jinping Pekan Ini

Sebelumnya, kelompok tersebut diyakini terlibat dalam mendukung pasukan Rusia di Suriah.

Kini mereka, khususnya sang pemimpin Yevgeny Prigozhin yang berupaya mengkudeta pihak Moskow, memicu krisis keamanan paling serius di Rusia dalam beberapa dekade terakhir.

WN Ukraina-Rusia 'Sulap' Vila di Bali Jadi Lab Narkoba dengan Bunker Bawah Tanah

Hal ini juga membuat Presiden Vladimir Putin disebut berada dalam posisi kepemimpinan yang "lemah".

Apa itu Grup Wagner? 

Tidak Pakai Dolar, Rusia Beli Senjata dari India Gunakan Rupee

VIVA Militer: Tentara bayaran Wagner Group Rusia

Photo :
  • thesun.ie

Wagner sebenarnya adalah sekelompok entitas yang beroperasi sebagai perusahaan militer swasta, atau PMC. PMC ini dapat disewa oleh pemerintah untuk layanan keamanan atau tempur. 

Mereka tidak biasa: Amerika Serikat telah menggunakan perusahaan militer swasta selama perang di Irak dan Afghanistan. Namun, ada perbedaan antara definisi PMC yang diterima secara umum dan versi perusahaan Rusia. 

“Di negara-negara NATO, di negara-negara Barat, logika utama di balik penggunaan kontraktor swasta dalam hal kebijakan keamanan dan pertahanan adalah fleksibilitas sumber daya,” kata Dr. András Rácz, pakar Rusia di Dewan Hubungan Luar Negeri Jerman. 

"Namun, di pihak Rusia, logikanya berbeda. Rusia, sejak awal, menganggap perusahaan-perusahaan ini sebagai cara untuk menggunakan kekuasaan negara secara terselubung."

Pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin

Pemimpin tentara bayaran Wagner Group Rusia, Yevgeny Prigozhin

Photo :
  • AP Photo, File

Saat publisitas Wagner berkembang, demikian pula pendiri bayangannya, Prigozhin. Pekerjaannya menjalankan perusahaan katering dengan kontrak Kremlin membuatnya mendapat julukan "koki Putin", tetapi Prigozhin telah lama menyangkal hubungannya dengan grup tersebut sebelum akhirnya mengakui sebagai pendirinya tahun lalu.

“Prigozhin adalah dalang media dan juga dalang media sosial,” kata Kateryna Stepanenko, seorang analis Rusia di Institute for the Study of War, sebuah penelitian kebijakan publik yang berbasis di Washington, D.C.

"Mendominasi televisi Rusia dan outlet tradisional, Prigozhin inovatif karena dia telah mempersenjatai jaringan koresponden militer, koresponden militer, dan blogger,” lanjutnya. 

Prigozhin bahkan sempat dicari oleh FBI untuk "Konspirasi untuk Menipu Amerika Serikat." 

Badan penegak hukum federal menawarkan hadiah US$250.000 untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Prigozhin, karena diduga mengawasi campur tangan politik, dan pemilu dari Badan Riset Internet yang berbasis di St. Petersburg, Florida dari 2014 hingga 2018. 

Badan tersebut, di mana Prigozhin menjadi yang utama penyandang dana, bekerja untuk mengganggu pemilihan presiden AS 2016, menurut FBI.

Prigozhin secara terbuka dan semakin mengkritik komandan militer tertinggi Rusia karena negara tersebut gagal memperoleh keuntungan yang signifikan di Ukraina. 

Sementara itu, ia memposisikan dirinya sebagai pahlawan. "Dia tahu bahwa pembeda utamanya dari propaganda Kremlin adalah tingkat kritik, tingkat kejujuran, Anda tahu, bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dan kritik laku," kata Stepanenko. 

"Dan saya pikir itulah platform yang dia benar-benar coba untuk maju dan memantapkan dirinya sebagai tokoh terkemuka di Rusia."

Naiknya pamor Wagner membut nama Prigozhin semakin tinggi. Padahal, ada sosok yang "lebih kuat" lainnya, yaitu Dmitri Utkin yang mana adalah pendiri Group Wagner 

Dmitry Utkin adalah mantan perwira militer Rusia kelahiran Ukraina yang mendirikan Wagner Group, sebuah kontraktor militer swasta.

Ia sempat bertugas sebagai perwira pasukan khusus di GRU dan berpangkat letnan kolonel Utkin. 

Dmitry Utkin lahir pada 11 Juni 1970

Sebagai mantan perwira intelijen Rusia, Utkin membawa keahlian dan kepemimpinan militer ke grup tersebut.

Utkin dijuluki dengan panggilan Wagner, yang mana menjadi nama untuk seluruh PMC. Saat ini, dia memimpin pasukan di Moskow. 

Menurut beberapa laporan, Utkin adalah seorang neo-Nazi, penggemar Reich Ketiga. 

Menurut GulaguNet, dialah yang bersiap mengambil alih sejumlah fasilitas Direktorat Utama 12 Kementerian Pertahanan dengan persenjataan nuklir. "Utkin sedang mempersiapkan bagian khusus dari pemberontakan militer ini," tertulis. 

Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko 

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menghadiri pertemuan Dewan Negara Tertinggi Negara Persatuan Rusia dan Belarus di Kremlin di Moskow.

Photo :
  • Sputnik/Mikhail Klimentyev/as.

Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko mengklaim dia yang telah meyakinkan pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk tidak "menghancurkan" kelompok Wagner dan ketuanya Yevgeny Prigozhin, membicarakan perannya dalam menghentikan pemberontakan militer tentara bayaran yang menyebabkan krisis di Rusia pada akhir pekan. 

Lukashenko pada hari Selasa lalu menggambarkan pandangannya tentang negosiasi yang menyebabkan Prigozhin mengakhiri perjalanannya menuju Moskow, dan mengatakan oligarki itu sekarang berada di Belarus sesuai kesepakatan.

“Hal yang paling berbahaya, seperti yang saya pahami, bukanlah situasinya, tetapi bagaimana hal itu dapat berkembang dan konsekuensinya,” kata Lukashenko, menurut media pemerintah Belarusia.

Kremlin telah memuji Lukashenko dengan membantu meredakan situasi, meskipun catatan peristiwa pemimpin Belarusia itu belum dikuatkan oleh Putin atau Prigozhin. 

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Lukashenko dapat memanfaatkan hubungan pribadi dengan Prigozhin untuk mencapai kesepakatan, yang juga akan membuat pasukan dan peralatan Wagner diserap oleh militer Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya