AS Keluarkan Peringatan Wabah Malaria

Nyamuk Anopheles betina penyebab malaria
Sumber :
  • Times of India

Los Angeles – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan peringatan wabah malaria setelah sejumlah kasus malaria yang ditularkan secara lokal teridentifikasi di dua negara bagian di negara itu.

Empat kasus malaria yang ditularkan secara lokal ditemukan di Florida dan satu di Texas dalam dua bulan terakhir, kata CDC dalam peringatannya yang dirilis pada Senin 26 Juni 2023. CDC mengungkapkan kekhawatiran mengenai  potensi bertambahnya kasus malaria impor yang berkaitan dengan meningkatnya  perjalanan internasional pada musim panas 2023.

Badan ini menyerukan penyusunan rencana untuk akses cepat ke injeksi artesunat, yang merupakan pengobatan lini pertama untuk kasus malaria berat di Amerika Serikat.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Ilustrasi nyamuk malaria.

Photo :
  • Pixabay


Menurut CDC, malaria yang ditularkan oleh nyamuk secara lokal belum pernah terjadi di AS sejak 2003 ketika delapan kasus diidentifikasi di Florida. Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang disebabkan oleh parasit.

Orang yang terjangkit malaria biasanya mengalami demam, menggigil, dan penyakit yang menyerupai flu. Jika tidak diobati, penderita bisa mengalami komplikasi parah dan bahkan meninggal dunia.

Sekitar 2.000 kasus malaria didiagnosis di AS setiap tahun, dan sebagian besar kasus terjadi pada pelancong dan imigran yang kembali dari negara tempat penularan malaria terjadi, dengan banyak di antaranya datang dari Afrika sub-Sahara dan Asia Selatan, kata CDC. (Ant/Antara)

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit
MBS dan Anthony Blinken (Doc: The New Arab)

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anthony Blinken melakukan perjalanan ke Arab Saudi, pada hari Minggu, 28 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024