Perangkat Rahasia Canggih Milik AS Berperan Penting Temukan Kapal Selam Titan

Kapal selam Titan.
Sumber :
  • OceanGate

Washington – Beberapa hari telah berlalu sejak terungkap bahwa kapal selam Titan milik OceanGate, yang mengunjungi reruntuhan Titanic, meledak secara tragis, dan menewaskan lima orang yang berada di dalamnya. 

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Dalam hal ini, penyebab meledaknya kapal selam itu diduga karena kehilangan tekanan, yang menyebabkan Titan meledak saat kapal mendekati reruntuhan bangkai Titanic yang tenggelam pada tahun 1912. 

Penemuan yang mengonfirmasi bahwa kapal selam Titan itu meledak juga bantuan dari perangkat rahasia canggih milik Amerika Serikat (AS). Perangkat Angkatan Laut AS mengetahui tentang ledakan kapsul itu sejak dini, hanya satu jam 45 menit setelah tenggelam pada Minggu, 18 Juni 2023. 

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Wisata Maut Kapal Selam Bangkai Titanic

Photo :
  • VIVA

Meski mengetahui sejak awal bahwa kapal tersebut telah meledak, Angkatan Laut AS berusaha menangani berita tersebut secara diam-diam. Titan berhasil diidentifikasi berkat perangkat militer yang telah diberi label sebagai "perangkat sangat rahasia". 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Perangkat tersebut digambarkan sebagai sistem deteksi akustik militer rahasia yang dirancang untuk mengenali kapal selam musuh. 

Setelah kapal selam Titan hilang pada hari Minggu, Angkatan Laut AS mulai mendengarkan petunjuk akustik dan ini menyebabkan deteksi anomali. 

“Angkatan Laut AS melakukan analisis data akustik dan mendeteksi anomali yang konsisten dengan ledakan atau ledakan di sekitar tempat kapal selam Titan beroperasi ketika komunikasi terputus,” kata seorang pejabat Angkatan Laut AS, dikutip dari Marca, Jumat, 30 Juni 2023. 

"Meskipun tidak pasti, informasi ini segera dibagikan kepada Komandan Insiden untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan yang saat itu sedang berlangsung." 

Diyakini bahwa perangkat ini bekerja melalui jaringan sensor akustik yang beroperasi di dalam air, dan dibantu oleh adanya suara dengan sangat baik di dalam air, sehingga audio dapat didengar dalam definisi tinggi. Selain itu, perangkat tersebut mampu menentukan asal dan episentrum suara, di mana Titan seharusnya meledak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya