Jenderal Rusia Ditahan Setelah Pemberontakan Wagner

Presiden Rusia Vladimir Putin bersama dengan Jenderal Sergei Surovikin.
Sumber :
  • AP Photo.

Moskow – Jenderal Sergei Surovikin, wakil komandan kelompok pasukan Rusia yang berperang di Ukraina, diyakini telah ditahan beberapa hari setelah tentara bayaran Wagner melakukan pemberontakan di dalam Rusia, dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada The Associated Press pada Kamis, 29 Juni 2023, mengutip pernyataan intelijen AS dan Ukraina.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Mereka berbicara tanpa menyebut nama, karena mereka tidak berwenang untuk membicarakan masalah ini secara terbuka.

Melansir AP, tidak jelas apakah Surovikin menghadapi dakwaan atau di mana dia ditahan. Namun, hal ini mencerminkan dunia suram politik Kremlin dan ketidakpastian setelah pemberontakan tentara bayaran Wagner.

Menlu Ukraina sebut Putin ‘Hewan Politik’ yang Bisa Merasakan Rasa Takut

Jenderal Sergei Surovikin.

Photo :
  • AP Photo.

Penahanannya dilaporkan terjadi beberapa hari setelah Grup Wagner mengambil alih markas militer di kota Rusia Rostov-on-Don, dan menuju ke Moskow. Namun pemberontakan itu telah dibatalkan untuk menghindari pertumpahan darah.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, telah berbicara positif tentang Surovikin sambil mengkritik petinggi militer Rusia, dan menyarankan agar dia ditunjuk sebagai kepala Staf Umum untuk menggantikan Jenderal Valery Gerasimov. The New York Times minggu ini melaporkan bahwa pejabat AS percaya Surovikin mengetahui sebelumnya tentang rencana Prigozhin untuk melakukan pemberontakan.

Gedung Putih dan Kremlin menolak berkomentar.

Surovikin, yang memiliki hubungan lama dengan Prigozhin, tidak terlihat lagi sejak dimulainya pemberontakan saat dia memposting video mendesak untuk diakhiri pemberontakan.

Seorang blogger militer Rusia, Moscow Times, dan Financial Times melaporkan bahwa Surovikin, yang juga merupakan komandan angkatan udara Rusia, telah ditangkap. Ada spekulasi kuat bahwa beberapa perwira tinggi militer mungkin telah berkolusi dengan Prigozhin, dan sekarang mungkin menghadapi hukuman atas pemberontakan.

Mantan Kepala stasiun radio Ekho Moskvy, Alexei Venediktov, mengatakan Surovikin dan para letnan dekatnya belum melakukan kontak dengan keluarga mereka selama tiga hari.

Saluran perpesanan militer terkemuka lainnya, Rybar, yang dijalankan oleh mantan petugas pers Kementerian Pertahanan, melaporkan "pembersihan" di jajaran sedang berlangsung, karena pihak berwenang menyelidiki tuduhan bahwa beberapa orang mungkin memihak Prigozhin.

Surovikin telah dikaitkan dengan Prigozhin sejak keduanya aktif di Suriah, di mana Rusia telah melancarkan aksi militer sejak 2015 untuk menopang pemerintahan Presiden Suriah, Bashar Assad. 

Sementara Prigozhin telah melontarkan hinaan sumpah serapah pada Shoigu dan kepala Staf Umum Jenderal Valery Gerasimov sebelum pemberontakan minggu lalu. Da menuntut pemecatan mereka, dia terus memuji Surovikin, dan menyarankan untuk menamainya untuk menggantikan Gerasimov. 

Namun, ketika pemberontakan dimulai, Surovikin merekam video yang mendesak penghentian pemberontakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya