Australia, Inggris, Kanada Solid Serukan Israel Tak Bangun Pemukiman Baru

Ilustrasi Pemukiman Israel, Givat Zeev, di dekat kota Ramallah, Palestina, di Tepi Barat.
Sumber :
  • Arab News

London – Australia, Inggris, dan Kanada menyampaikan keprihatinan mendalam terkait perluasan permukiman warga Israel di wilayah pendudukan di Tepi Barat. Tiga negara itu pun menyerukan Israel untuk membatalkan keputusan tersebut.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

"Perluasan lanjutan atas pemukiman adalah hambatan terhadap perdamaian dan berdampak negatif atas upaya menuju negosiasi solusi dua negara. Kami menyerukan Pemerintah Israel untuk membatalkan keputusan ini," demikian pernyataan bersama tiga negara itu dilansir dari BBC.

Pemukiman Israel di Tepi Barat.

Photo :
  • AP Photo/Mahmoud Illean.
Produk Baja Lapis RI Siap Ekspansi ke Pasar Konstruksi Australia

Kemudian mereka pun menyatakan dengan kutukan keras atas segala bentuk kekerasan terhadap warga sipil, dan mendesak pihak berwenang untuk meminta pertanggungjawaban semua pelaku kekerasan.

"Lingkaran kekerasan di Israel dan Tepi Barat harus diputus," demikian ditegaskan dalam pernyataan tiga negara itu.

PBB: Butuh Waktu 80 Tahun Untuk Bangun Semua Rumah yang Hancur di Gaza

"Australia, Kanada, dan Inggris berdiri bersama rakyat Israel dan Palestina dalam hak mereka untuk hidup damai dan aman, dengan martabat, tanpa rasa takut dan hak asasi mereka dihormati sepenuhnya," tambah mereka di sana.

Ketiga negara itu kembali menegaskan mereka akan terus mendukung perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi di wilayah itu. 

"Termasuk pembentukan negara Palestina yang hidup berdampingan dalam kedamaian dan keamanan dengan Israel," demikian dalam pernyataan itu.

Pemukiman Israel di Tepi Barat.

Photo :
  • AP Photo/Mahmoud Illean.

Spanyol sebelumnya juga menolak perluasan permukiman Israel. Negara Matador itu pun bertentangan dari hukum internasional dan hambatan bagi perdamaian.

Pada Selasa lalu, Israel juga mengesahkan rencana pembangunan lebih dari 5.700 tambahan permukiman Yahudi ilegal di pendudukan Tepi Barat. Jumlah itu meningkatkan total di 2023 yang mencapai rekor melebihi 13.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya