Tokoh Ini Ungkap Tujuan di Balik Normalisasi Hubungan Israel dan Arab Saudi

VIVA Militer: Bendera Israel
Sumber :
  • Moderate Rebels

Tel Aviv, Israel – Mantan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben-Shabbat menganggap normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi sebagai tujuan penting, tetapi tidak dengan harga berapa pun.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP

Ini menunjukkan praktek Israel terhadap Palestina tidak menentukan posisi Arab Saudi dalam normalisasi dengan negara Zionis itu.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist
Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York

Dilansir dari Middle East Monitor, Selasa, 4 Juli 2023, Ben-Shabbat, yang saat ini mengepalai Misgav: Institut Strategi Zionis dan Keamanan Nasional, adalah salah satu arsitek perjanjian Abraham Accords yang ditandatangani Israel dengan Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA) dan Maroko.

"Normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi adalah jelas-jelas kepentingan Amerika dan Barat, di mana AS akan dapat menjauhkan Arab Saudi dari poros China-Iran-Rusia yang diperkuat, dan itu akan mendapatkan poin yang dibutuhkannya dalam kerangka perjuangan yang saat ini berlangsung atas demarkasi tatanan dunia baru," tulis Ben-Shabbat dalam sebuah artikel, yang salinannya dikirim ke Anadolu Agency pada 30 Juni lalu.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Dalam beberapa minggu terakhir, pejabat Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi keinginan mereka untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi, sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa kesepakatan ini adalah tujuan strategis yang ingin dia capai.

Lebih dari satu kali, Arab Saudi menetapkan bahwa masalah Palestina harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum terlibat dalam proses normalisasi dengan Tel Aviv. Pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa bukan kepentingan Israel untuk memiliki ketegangan di Timur Tengah.

Dalam hal ini, Ben-Shabbat berkomentar: "Kami tidak dapat meremehkan pentingnya dampak realitas keamanan di Yudea dan Samaria pada kontak yang sedang berlangsung untuk memperluas cakupan normalisasi di wilayah tersebut.

Sensitivitas mengenai posisi jalan adalah tinggi, dan para pemimpin di sebagian besar negara tidak bergerak berlawanan arah dengan opini publik."

"Gambar-gambar yang berasal dari Yudea dan Samaria memberikan amunisi untuk propaganda yang dipraktikkan oleh partai-partai Islam, organisasi pro-Palestina, dan partai anti-Israel lainnya," dia menambahkan.

Bendera Israel dan Palestina.

Photo :
  • Unsplash

Ben-Shabbat mengutip Menteri Luar Negeri AS Blinken, yang menjelaskan bahwa jika ada api yang membakar di halaman belakang Israel, akan jauh lebih sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk benar-benar memperdalam perjanjian yang ada serta memperluasnya untuk berpotensi memasukkan Arab Saudi.

"Inilah yang dikatakan Menteri Luar Negeri AS Blinken tentang upaya untuk memajukan normalisasi Israel-Saudi, dan dia menggambarkannya sebagai langkah yang menghadapi tantangan besar," jawab Ben-Shabbat.

Namun, tampaknya Blinken memanfaatkan antusiasme Israel untuk mencapai normalisasi dengan Arab Saudi sebagai alat tekanan padanya dalam masalah Palestina. Bahkan sebelum pecahnya eskalasi di Yudea dan Samaria, sejak pemerintahan Biden berkuasa , tidak ada pencapaian nyata yang dibuat di bidang normalisasi.

Washington menyatakan keinginan yang jelas untuk melanjutkan momentum yang disaksikan oleh perjanjian ini, tetapi hasilnya minimal," katanya.

Ben-Shabbat percaya normalisasi membawa potensi untuk menjadikan Arab Saudi sebagai pusat logistik internasional yang akan menghubungkan Eropa, Afrika, dan Asia, dan ini akan merevolusi perdagangan global.

"Dalam pandangan Israel, normalisasi dengan Arab Saudi adalah tujuan penting, tetapi tidak pada harga apapun," katanya.

“Membuat konsesi pada isu Iran, berkompromi pada isu proliferasi kemampuan nuklir di Timur Tengah, dan membuat konsesi pada tingkat keamanan di arena Palestina, adalah harga yang terlalu berat untuk dibayar, bahkan sebagai imbalan atas pencapaian yang nyata tersebut," jelasnya.

Ben-Shabbat secara aktif terlibat dalam mencapai kesepakatan dengan UEA, Bahrain, dan Maroko pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya