OceanGate Setop Operasional Usai Tragedi Kapal Selam Titan

Kapal selam OceanGate.
Sumber :
  • OceanGate.

AS – OceanGate resmi menghentikan semua operasi eksplorasi dan komersialnya, pada 6 Juli 2023. Hal itu mereka sampaikan melalui situs web resminya, setelah kapal selam Titan meledak saat melakukan penyelaman untuk melihat bangkai kapal Titanic

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

"OceanGate telah menghentikan seluruh kegiatan eksplorasi dan komersial," bunyi pernyataan itu. 

Perusahaan Amerika Serikat (AS) yang mengelola kapal selam itu, saat ini telah dilakukan investigasi, mengenai bagaimana kapal selam Titan yang meledak saat menyelam ke bangkai kapal Titanic, pada 18 Juni 2023. 

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Potongan kapal selam Titan

Photo :
  • The Canada Express

Dilansir dari BBC Internasional, Jumat, 7 Juli 2023, dipimpin oleh Penjaga Pantai AS, pihak berwenang mengatakan penyelidikan akan bertujuan untuk mencegah kecelakaan serupa di masa depan.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Kepala penyelidik Cpt Jason Neubauer mengatakan bulan lalu bahwa Penjaga Pantai telah mengadakan penyelidikan tingkat tertinggi, dan penyelidikan akan dijalankan bersama dengan otoritas Kanada, Inggris, dan Prancis. 

"Investigasi berkemungkinan akan menjatuhkan tuntutan perdata atau pidana," ujar Cpt Neubauer. 

Pada 28 Juni 2023, Penjaga Pantai mengatakan puing-puing kapal selam Titan dan sisa-sisa manusia telah ditemukan dan dikembalikan ke darat, sehingga mengakhiri tahap awal penyelidikan.

Pihak berwenang mengatakan puing-puing itu akan dibawa ke pelabuhan AS untuk dilakukan analisis lebih lanjut. 

Cpt Neubauer mengatakan dalam sebuah pernyataan pada minggu lalu bahwa masih ada sejumlah besar pekerjaan, yang tersisa untuk penyelidik. 

Sebagai informasi, CEO OceanGate Stockton Rush, yang menjadu salah satu penumpang kapal Titan bersama empat penumpang lainnya, crazy rich Inggris-Pakistan Shahzada Dawood, dan putranya Suleman, pengusaha Inggris Hamish Harding, serta Paul Henry Nargeolet dinyatakan tewas dalam kapal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya